POPULAR STORIES

Tokyo Masuk Kalender Formula E, Digelar Maret 2024

Tokyo Masuk Kalender Formula E, Digelar Maret 2024 Jadwal Formula E Season kesepuluh (FIA ABB)

KabarOto.com - Kota Tokyo, Jepang bakal menjadi lokasi balapan mobil listrik Formula E musim kesepuluh. Kepastian itu datang setelah pihak Formula E, Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) dan Otoritas Olahraga Nasional (ASN) setempat melakukan ratifikasi kelayakan kota Tokyo.

"Tokyo akan menjadi puncak dari musim ke-10 kami yang bersejarah," . Kami juga sedang berdiskusi lebih lanjut dengan lebih banyak kota ikonik dunia yang ingin menjadi tuan rumah balapan Formula E dan membuat acara motorsport dunia bersama kami," ujar CEO Formula E Jeff Dodds dikutip dari laman resmi ABB Formula E.

Baca Juga: Galeri Keseruan Balap Formula E Jakarta E-Prix 2023

Formula E Tokyo sendiri bakal digelar pada 30 Maret 2024 di dekat Tokyo Big Sight di tepi pantai Teluk Tokyo. 22 pembalap dari 11 tim baka berkompetisi di balik kemudi mobil balap listrik tercepat dan bertenaga saat ini yaitu GEN3.

Formula E dan Pemerintah Metropolitan Tokyo telah bekerja sama untuk membawa balapan ke kota untuk mendukung inisiatif Zero Emission Vehicle (ZEV), bagian dari strategi Zero Emission Tokyo. Kota ini memiliki rencana aksi iklim yang bertujuan untuk mencapai emisi CO2 nol bersih pada tahun 2050.

Pemerintah Metropolitan Tokyo mempercepat tindakan di semua bidang untuk mewujudkan Zero Emission Tokyo. "Saya senang dengan keputusan resmi bahwa Tokyo akan menjadi tuan rumah balapan Formula E pada Maret 2024," ujar Gubernur Tokyo, Yuriko Koike.

Baca Juga : Komentar Para Pembalap Formula E Soal Ban Yang Dipakai Di Jakarta E-Prix 2023

Musim kesepuluh Formula E akan dimulai di Mexico City pada 13 Januari 2024, sementara Round 14 yakni Formula E Jakarta direncanakan digelar 8 Juni 2024.

"Kalender Musim 10 mewakili misi berkelanjutan kami untuk membuat jadwal dinamis kota-kota baru yang menjadi tuan rumah balapan untuk pertama atau kedua kalinya seperti Tokyo, São Paulo, dan Portland bersama dengan tuan rumah yang sudah mapan seperti Berlin, Roma, London, Monako, Diriyah, dan Jakarta," kata Co-Founder dan Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo.