POPULAR STORIES

Tol Trans Jawa Akan Beroperasi Akhir Tahun 2018, Astra Turut Berkontribusi

Tol Trans Jawa Akan Beroperasi Akhir Tahun 2018, Astra Turut Berkontribusi Foto: Astra Internasional

KabarOto.com - PT Astra International Tbk turut berkontribusi atas pembangunan Tol Trans Jawa yang diproyeksikan bakal mulai beroperasi pada awal Desember 2018 ini. Dengan beroperasinya Tol Trans Jawa diharapkan dapat membantu masyarakat yang akan berlibur atau melakukan perjalanan di hari Natal dan Tahun Baru.

Astra berkontribusi pada Tol Trans Jawa melalui portofolio jalan tol sepanjang 353 km, di mana sepanjang 269 km sudah beroperasi atau mencapai 34% dari total jalan tol nasional yang telah beroperasi sepanjang 780 km. Untuk mendukung ekspedisi dari Surabaya sampai Jakarta ini, Astra juga menyediakan beberapa unit mobil, seperti 1 Lexus, 4 Land cruiser dan 10 Fortuner.

fortuner

"Partisipasi Astra dalam Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa 2018 ini merupakan kontribusi nyata dalam mewujudkan tol Trans Jawa. Partisipasi ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa," ungkap Pongki Pamungkas, Chief of Corporate Communication Astra.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno pada 12 November lalu meninjau langsung kondisi terkini proyek tersebut dengan berkendara menempuh rute Surabaya sampai dengan Telkom Landmark Tower yang berada di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, sebagai lokasi finish.

Baca juga: Biar Pengguna Tol Nyaman, Jasa Marga Siapkan 6 Rest Area Di Jalan Tol Solo-Ngawi

merahputih.com

"Tol Trans Jawa adalah jalur yang dinantikan lebih dari 20 tahun, karena memang sudah dicanangkan sejak lama. Tol Trans Jawa mulai dari Merak sampai Surabaya harus bisa diresmikan pada Desember 2018, hingga kemudian tersambung sampai dengan Banyuwangi," kata Rini.

Rini pun menjelaskan, "Kalau kita bisa jalankan seluruh itu memang pertumbuhan ekonomi kita akan meningkat. Saya berterima kasih sekali kepada Jasa Marga, Waskita Karya dan para BUMN Karya juga para kontraktor lainnya yang sudah bekerja keras," bebernya.

Turut hadir mendampingi Menteri Rini dalam perjalanan ini jajaran Eselon I Kementerian BUMN, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra, dan sejumlah Direksi BUMN lainnya.

Baca Juga: Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 Resmi Beroperasi, Ciawi Ke Cigombong 15 Menit

Dalam kunjungan tersebut, terdapat beberapa titik yang menjadi fokus dalam tinjauan ini adalah Jembatan Kali Kuto, Jembatan Kali Kenteng dan Rest Area yang terletak di KM 360 B dan KM 260 B.

Menurut Desi Arryani pengadaan Tol Trans Jawa ini akan sangat memudahkan dan mempercepat distribusi serta perjalanan yang ditempuh oleh pengguna jalan, selain itu nilai akomodasi juga akan lebih murah karena akses yang lebih mudah.

"Waktu tempuh menjadi lebih singkat berkat adanya Tol Trans Jawa. Idealnya Jakarta - Surabaya 10 sampai dengan 12 jam. Dari Jakarta sampai ke Surabaya sekitar 800 Km, kalau dipacu dengan kecepatan 100 kpj, saja mungkin hanya 8 jam. Tapi kan tetap perlu beristirahat pengendaranya agar safety, jadi ya bisa 10 sampai 12 jam lah paling lama," tutup Desi.