Toyota GR Yaris Sebentar Lagi Digeber Konsumen

 Toyota GR Yaris Sebentar Lagi Digeber Konsumen

KabarOto.com - Para pemesan Toyota GR Yaris sudah mulai lega, bahwa mobil racikan Gazoo Racing sudah mulai meninggalkan jalur produksi di fasilitas Motomachi, Jepang.

Tepatnya, 26 Agustus Sabtu kemarin, Toyota GR Yaris sudah mulai produksi. Tentu saja mobil yang dibuka pemesanannya 5 Maret lalu seharga setengah miliar rupiah ini punya jalur tersendiri agar tak bentrokan dengan mobil lain.

Baca juga: Ini 3 Pilihan Menggiurkan Toyota GR Yaris di Jepang



Bukan mekanik biasa yang menangani GR Yaris. Namun para 'Takumi' alias para ahlinya untuk membuatnya presisi. Sehingga penerima pertama di Eropa bulan November benar-benar kagum ke GR Yaris.

Toyota memang tengah bersemangat untuk hadirkan mobil-mobil kencang lima tahun terakhir ini. Apalagi Toyota Gazoo Racing atau dikenal 'GR Factory', telah disiapkan fasilitas untuk membuat sports cars buatan GR.



Diyakini fasilitas tersebut berkemampuan memproduksi bodi rigid namun tetap ringan terutama untuk mobil kencang. Dipastikan akurasinya juga tinggi mengingat ini adalah mobil performa dahsyat.



Kembali membahas ke GR Yaris, bahwa mobil kelas hatchback ini terlahir dari kemampuan Gazoo Racing di kejuaraan reli dunia. Tapi bukan Yaris biasa, tapi dibangun mulai dari coretan kertas untuk platform baru. Bagian depan dari platfrom TNGA-B dan belakang dari TNGA-C.



Di balik kap memang hanya terlihat tiga silinder berkapasitas 1.618 cc. Tapi siapa sangka berkat tambahan turbo bisa saingi mesin standar 3.000 cc. Sentakan tenaganya mencapai 261 hp dan 360 Nm.

Baca juga: Toyota Yaris Cross dengan Ornamen GR Parts Gaya Rally Look



Agar tak kehilangan banyak cengkeraman ketika menyentak pedal gas, GR Yaris sudah dilengkapi GR-four 4WD. Terinspirasi dari balapan, performa bisa kerahkan 100% ke roda depan dan juga 100% ke roda belakang. Saat digeber normal, distribusi performanya 60:40.

Bobot juga terbilang ringan hanya 1.280 kg. Akselerasi 0-100 kpj bisa diraih 5,5 detik dan kecepatan tertingginya 230 kpj.