Toyota Kembangkan APM, Kendaraan Khusus Olimpiade Jepang 2020  

Toyota Kembangkan APM, Kendaraan Khusus Olimpiade Jepang 2020   Foto: Toyota

KabarOto. - Toyota Motor Corporation (Toyota), sebagai sponsor Olimpiade Tokyo 2020 akan mengeluarkan kendaraan khusus. Kendaraan tersebut akan berfungsi untuk mengangkut staf, pemain, bahkan pengunjung (Lansia, ibu hamil, anak-anak dan prioritas) selama olimpiade berlangsung. Toyota menamai mobil ini (Accessible People Mover) atau disingkat APM.

Mobil angkut buatan Toyota ini bentuknya sangat simpel, dan terkesan futuristis. Bagian lampu depannya menggunakan model bulat. Di bagian depan juga terpasang logo Toyota berwarna biru. Logo Toyota biru tersebut menandakan bahwa mobil ini adalah mobil ramah lingkungan.

Baca juga: Toyota Yaris Rhythm, Siap Dampingi DJ Dipha Barus

Kacanya depannya juga terlihat unik, karena dibuat menyatu hingga ke atap, seperti mobil dengan panoramic roof. Bagian lain yang unik adalah penggunaan spion yang mengambil desain mobil lama. Berbentuk kotak dengan kaca yang besar.

Ke bagian samping, mobil ini didesain tidak menggunakan pintu. Hanya ada sebuah pilar di bagian belakang pengemudi, dan sebuah pilar untuk berpegangan. Desain tanpa pintu ini ditujukan mempermudah akses keluar masuk.

Bagian belakang mobil ini juga berdesain futuristis, dengan bentuk yang serba membulat. Mobil ini juga dilengkapi lampu rem dan sein berukuran cukup besar.

Baca juga: Profil - Toyota GR Supra

Dilihat dari gambar, mobil ini terlihat menggunakan ban tanpa udara. Sayang tak terlalu terlihat karena sebagian tertutup bodi mobil.

APM dikembangkan Toyota dengan mempertimbangkan banyak aspek. Termasuk di antaranya untuk pengemudi. Seperti yang dilansir dari Toyota, dengan mempertimbangkan keselamatan, posisi kursi pengemudi telah ditinggikan dan terletak di tengah.

Ini agar memungkinkan pengemudi melihat penumpang dan mendukung kebutuhan masing-masing penumpang saat mereka masuk/keluar dari kendaraan. Selebihnya tidak ada yang spesial, termasuk setir dan pedal-pedalnya yang terlihat biasa.

Baca juga: Rayakan Satu Dekade, Toyota Gelar Electrification Day

Selain itu, mobil ini didesain ramah terhadap penyandang disabilitas. Terdapat sebuah ramp yang bisa digunakan untuk menaikkan kursi roda. Kursi tengah Toyota APM juga dapat dilipat, ketika ada pengguna kursi roda yang naik ke mobil ini.

Seperti yang dilansir dari Toyota, APM akan menampilkan tempat duduk tiga baris. Di baris pertama akan menjadi kursi pengemudi, baris kedua menyediakan tempat duduk untuk 3 orang, dan baris ketiga akan menawarkan tempat duduk untuk 2 orang.

Konfigurasi ini memungkinkan APM punya opsi tempat duduk untuk enam orang, yakni lima penumpang dan satu pengemudi. Ketika digunakan untuk penumpang dengan kursi roda, konfigurasi dapat dimodifikasi dengan melipat kursi di baris kedua.

Nah, sebagai kendaraan angkut khusus di area Olimpiade, tentu Toyota APM hanya butuh mesin listrik dengan output kecil. Kecepatan maksimumnya hanya sekitar 19 kpj. Tenaga kecil ini juga demi keamanan, sebab desainnya tidak menggunakan pintu. Dan APM diklaim dapat melaju dengan jarak maksimal 100 km. (Gregorius Nikolaus.P)