Toyota Perkenalkan Mirai Generasi Kedua Kendaraan Berbahan Bakar Hidrogen

Toyota Perkenalkan Mirai Generasi Kedua Kendaraan Berbahan Bakar Hidrogen

KabarOto.com – Ikut memeriahkan ajang Tokyo Motor Show ke-46 yang berlangsung mulai 24 Oktober hingga 4 november kemarin, Toyota telah memperkenalkan konsep Mirai Generasi Kedua sebagai mobil ramah lingkungan berbahan bakar hidrogen atau fuel cell (FCEV).

Mesin FCEV sendiri merupakan mobil bermesin listrik “plug-less”, maksudnya digerakkan oleh mesin listrik dan ditenagai oleh listrik hasil dari reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen di udara.

Mesin FCEV sendiri membuat penggunanya tidak perlu mengisi baterai yang bisa memakan waktu beberapa jam pada mesin listrik. Mesin FCEV hanya perlu mengisi cairan hidrogen ke dalam tangki BBM yang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengisinya, seperti mengisi BBM pada mesin bensin.

Baca juga: Toyota Raize Tampil Beda dengan Paket Body Kit TRD

Model terbaru ini diperkenalkan sejak Mirai generasi pertama diluncurkan sejak 2014 lalu sebagai mobil hidrogen andalan Toyota, di pasar global sendiri dapat bersaing dengan Honda Clarity di segmen mobil berbahan bakar terbarukan.

Toyota mengklaim bahwa Mirai generasi terbaru ini benar-benar dirancang ulang dari dasar untuk menghadirkan kendaraan berbahan bakar hidrogen sebagai langkah memasuki segmen kendaraan FCEV, Toyota juga menjanjikan langkah besar ke depan dalam pengembangan teknologi kendaraan berbahan bakar FCEV. Toyota mengklaim model baru ini menawarkan peningkatan jarak tempuh berkendara lebih jauh 30% dibandingkan model Mirai generasi pertama.

Perlu diketahui bahwa generasi pertama Mirai menunjukkan potensi akan produksi kendaraan hidrogen sebagai mobilitas berkelanjutan, terbukti dengan penjualan yang tinggi mencapai 10.000 unit untuk generasi pertama Mirai secara global.

Secara dimensi, Mirai konsep ini memiliki panjang 4.935 mm, lebar 1.885 mm, dan tinggi 1.470 mm dengan sumbu roda 2.920 mm. Desain konsep ini menggunakan Toyota Premium Rear-wheel drive TNGA platform untuk ketangguhan dan performa yang lebih baik saat berkendara.

Baca juga: Toyota 86 dengan Dua Konsep Modifikasi

Bagian bodi dilabur dengan warna Force Blue Multiple Layers yang dibuat melalui proses pengecatan berlapis-lapis, sehingga menghasilkan warna biru yang terlihat lebih cerah dan mencolok. Pelek menggunakan ukuran 20 inci, aplikasi ini membuat penampilan konsep generasi kedua Mirai semakin sporty.

Sementara kabin didesain ulang untuk menciptakan suasana yang lebih modern dan nyaman untuk diisi 5 orang, sebelumnya hanya dapat menampung 4 orang, kabin terlihat elegan karena didominasi warna hitam.

Di bagian dasbor terdapat sistem infotainment layar sentuh berukuran 12,3 inci dengan fitur navigasi, serta sistem audio premium dari JBL yang mengandalkan 14 speaker yang tersebar di seluruh penjuru kabin.

Sayangnya, Toyota tidak memberikan informasi rinci mengenai mesin berbahan bakar hidrogen ini. Namun, Toyota mengklaim mesin yang akan dibekalinya sudah dirancang ulang untuk menciptakan mobil yang tidak hanya sekedar ramah lingkungan, namun juga menandai babak baru mobil masa depan berteknologi FCEV yang menganut sistem penggerak roda belakang.

Kabarnya, konsep generasi kedua Miura ini akan resmi dijual pada 2020 dengan pasar utama di pasar Jepang, Amerika Utara, dan Eropa. Penjualan di pasar Indonesia sendiri belum ada informasi lebih lanjut dari Toyota sendiri, Namun bila masuk ke Indonesia akan menjadi mobil yang menarik dan ditunggu-tunggu. (Nora Dian Pratama)