Upaya Gigih Sergio Perez Amankan Podium F1 Australia

Upaya Gigih Sergio Perez Amankan Podium F1 Australia Foto: Red Bull Racing, HRC dan ExxonMobil

KabarOto.com - Sergio Pérez (Red Bull Racing) meraih podium pertamanya musim ini, finis kedua di belakang Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) di Sirkuit Albert Park, Australia pada Minggu kemarin (11.04). Sayangnya rekan satu tim Perez yakni Max Verstappen harus menelan kekecewaan tidak bisa melanjutkan lomba.

Verstappen mengalami masalah teknis mesinnya, dibalapan dengan suhu udara mencapai 40 derajat tersebut, ia berhenti ketika mesinnya mengalami masalah over heat.

Kegagalan itu membuat Perez berada di urutan kedua dan setelah bertarung dengan duet Mercedes-AMG Petronas yakni George Russel dan Lewis Hamilton di fase awal balapan, pembalap Meksiko itu akhirnya mampu melewatinya dan merebut podium pertamanya musim 2022, dengan selisih lima detik di atas peringkat ketiga George Russell.

Baca juga: Max Verstappen Frustasi, Tidak Mau Fokus Juara Dunia Dulu

Dibayangi George Russel yang terus membuntutinya, dan Hamilton dikejauhan juga setiap saat bisa jadi ancaman

Perez sempat kehilangan posisi, tercecer di belakang Fernando Alonso (Alpine) yang terbukti sulit untuk disalip. Namun, ketika DRS diaktifkan, Perez mampu mendekati pembalap Spanyol itu pada awal lap 30 dan pada putaran ketiga ia melaju melewati Alonso untuk mengambil tempat keempat. Hingga hanya satu detik di belakang Russell.

Dan pada akhirnya berhasil mengambil posisi Russel, namun tetap dibayangi oleh Russel yang akan mencoba melewatinya. Performa RB18 terbukti kuat, mampu meninggalkan Russel dengan waktu 5 detik.

"Meski Perez memulai balapan dari posisi 3 dan sempat mendapat perlawanan dari pembalap lain, dirinya berhasil memperbaiki posisi di akhir balapan finis kedua. Memang disayangkan untuk Max Verstappen mendapat kendala saat balapan, sehingga harus menepi di tikungan kedua. Namun usahanya untuk bisa menang di Melbourne patut diapresiasi," ujar Thomas Gobinyono selaku Mobil Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI).

Sergio Perez pun menjelaskan, bahwa ini balapan yang sulit, kehilangan posisi akibat adanya safety car namun akhirnya bisa dikejar lagi. "Sayang sekali, harusnya Red Bull Racing bisa podium ganda jika Verstappen tidak ada gangguan," sebut Perez.

Sementara Max Verstappen mengaku kecewa, posisi dua yang sudah di depan mata harus hilang. Masalah teknis mesin menjadi kendala untuk melupakan podium duanya. "Kita harus bekerja keras untuk beberapa waktu ke depan mengatasi hal ini, dan melakukan penyempurnaan di Imola," tegas Verstappen.

Baca juga: Hal Menarik Jelang Balapan F1 Australia, Lewis Hamilton Masih Pegang Rekor

Podium pertamanya musim ini bagi Sergio Perez

Balapan selanjutnya akan berlangsung di sirkuit Autodromo Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia pada 24 April mendatang. Di Italia tentunya akan menjadi modal utama Scuderia Ferrari untuk kembali meraih podium, negara asal Ferrari inilah diklaim memiliki tifosi kuat pabrikan berlambang kuda jingkrak tersebut.

Sirkuit Autodromo Enzo e Dino Ferrari terletak 80 km sebelah timur kota kandang Ferrari yaitu Maranello. Sirkuit ini saat ini dimiliki oleh pabrikan Ferrari dan memiliki panjang 4.909 km.

Harapan dari Thomas Gobinyono adalah kedua pembalap Red Bull Racing bisa memperbaiki posisi dan memenangkan lomba. Dirinya juga menyampaikan bahwa pelumas yang digunakan oleh tim Red Bull Racing juga tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil1 dan Mobil Super yang tersedia di bengkel-bengkel kesayangan Anda.