Volkswagen ARVW Mobil Paling Aerodinamis Di Dunia

Volkswagen ARVW Mobil Paling Aerodinamis di Dunia

KabarOto.com – Aerodinamika menjadi hal terpenting kendaraan. Oleh karena itu, desain kendaraan harus bersinergi dengan ilmu rekayasa membelah angin ini. Sebab fungsinya sangat vital, selain memberikan keseimbangan kendaraan saat kecepatan tinggi, aerodinamika berdampak pada efisiensi bahan bakar dan kesenyapan kabin.

Dalam membuat mobil, pabrikan perlu riset yang cukup lama, dan membutuhkan ahli rekayasa aerodinamika yang mampu menghitung, dan mendesain bagaimana sebuah bodi mobil memiliki bentuk aerodinamis serta tidak mengabaikan keamanan. Lalu mobil apakah yang paling aerodinamis?

Pabrikan yang pernah membuat dan meraih titel sebagai mobil paling aerodinamis adalah Volkswagen ARVW. Adapun ARVW sendiri adalah singkatan dari “Aerodynamic Research Volkswagen”. Merupakan mobil protipe tahun 1980. Alasan projek ini dibuat karena kala itu VW sedang meriset soal aerodinamis dan efisiensi bahan bakar.

Baca Juga : McLaren Speedtail Dinobatkan Sebagai Yang Terkencang Di Keluarga

ARVW dibuat hanya untuk satu orang saja, karena memang mobil tidak diproduksi secara massal. Kalau kita melihat desainnya seperti pesawat ulang-alik yang digunakan para astronot, ya sob. Lurus, minim lekukan, dengan 2 buah sirip spoiler, undercarriage rata, 4 buah ban tertutup dan 2 buah headlamp mungkin itu kata tepat mendeskripsikan ARVW. Berkat bentuknya yang seperti itu menoreh angka koefisien hambatan angin hanya 0,15, loh!

ARVW dikemas dengan dimensi sepanjang 4.970 mm, lebar 1.099 mm, dan tinggi 838 mm. Terbuat dari material alumunium dan body fiberglass campur karbon, demi mengejar bobot ringan. Dipersenjatai mesin turbodiesel 6 silinder segaris, berkapasitas 2.4 liter, menghasilkan tenaga 177 dk yang disalurkan ke roda belakang.

Baca Juga : Ford Mustang Cobra Jet 1400, Melesat Kencang Tanpa Suara

Pengetesan dilakukan tahun 1980 di trek Nardo, Italia. Dilakukan oleh pembalap F1 Keke Rosberg, di mana kala itu kecepatan paling maksimal dicapai adalah 225 mph atau 362 kpj. Gokil sob!