POPULAR STORIES

Yamaha Masih Tanpa Tim Satelit Hingga Musim Depan, Masih Tunggu Tim Mooney 46?

Yamaha Masih Tanpa Tim Satelit Hingga Musim Depan, Masih Tunggu Tim Mooney 46? Fabio Quartararo jadi pembalap andalan Yamaha di MotoGP 2023 (Foto: motogp)

KabarOto.com - Yamaha masih belum berencana menggunakan tim satelit, setidaknya hingga musim MotoGP tahun 2024. Di mana, pabrikan motor Jepang ini masih menaruh harapan untuk bisa berkerja sama dengan tim Mooney 46 milik Valentino Rossi yang masih terikat kontrak dengan Ducati hingga tahun 2024.

Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis mengungkapkan bahwa Yamaha belum akan memakai jasa tim satelit pada tahun depan. "Tahun depan bukan waktu yang tepat untuk melengkapi tim kami dengan tim satelit," katanya.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Terancam Absen Di MotoGP Italia 2023

Sebagai informasi, sejak era MotoGP mesin 4 tak tahun 2002, Yamaha selalu memiliki tim satelit untuk mengembangkan motornya. Ada tim Tech asal Prancis yang dimiliki Herve Ponchral yang berkerja sama dari tahun 2002 hingga 2018.

Tim Mooney 46 milik Valentino Rossi

Setelah itu, Yamaha menggandeng Petronas SRT selama dua musim, yakni musi 2020-2021. Tapi, Petronas menarik diri, dan berganti tim baru menjadi RNF Racing tapi tetap dengan motor Yamaha dan dukungan sponsor asal Italia, WithU.

Baca Juga: Fabio Di Giannantonio Tunjukkan Perkembangan Positif, Raih Poin Di MotoGP Prancis

Rupanya musim 2022 itu menjadi musim terakhir bagi Yamaha memiliki tim satelit di MotoGP. Sebab di musim 2023, tim yang dipegang Razlan Razali memilih bergabung ke pabrikan Aprilia. Dan, hingga kini Yamaha hanya mengandalkan dua pebalap di arena MotoGP 2023, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Kabarnya, Yamaha masih menahan diri menggunakan lagi tim satelit, lantaran mereka ingin menggunakan jasa tim balap Valentino Rossi. Pasalnya, The Doctors merupakan legenda Yamaha di dunia balap motor, sekaligus duta besar Yamaha di kancah global.