POPULAR STORIES

Yamaha TMax 2022 Meluncur, Tampil Makin Sporty

Yamaha TMax 2022 Meluncur, Tampil Makin Sporty Sumber Foto : Yamaha Europe

KabarOto.com – Pabrikan motor asal Jepang, Yamaha baru-baru ini meluncurkan pembaruan dari skutik besar mereka yaitu Yamaha TMax 2022 untuk pasar Eropa.

Skutik besar yang memulai debutnya pada 2001 lalu ini, terbilang penjualannya sukses di Eropa. Bahkan motor ini dinobatkan sebagai skutik sport terlaris selama dua dekade. Kini, untuk menghadapi tahun 2022, Yamaha TMax mendapatkan perubahan dari segi tampilan, bodi baru, roda dan suspensi.

Baca juga: Yamaha MT-10 Kini Berpenampilan Sangar Dan Mesin Baru

Secara tampilan, perubahannya cukup radikan dengan penggunaan lampu model baru yang kini lebih tajam dan sangar. Bagian lampu depan dengan dual LED proyektor. Bagian bawah lampu terdapat paruh baru lebih tajam. Lalu, windshield model baru yang terlihat sangat sporty. Dari bagian samping, garis desainnya tidak terlalu banyak ubahan.

Baca juga: All New Yamaha XSR900, Banyak Ubahannya

Begitu pula pada bagian belakang, perubahannya sedikit pada penggunaan lampu model baru berbentuk panah ini sudah LED. Walaupun tidak terlihat mengalami perubahan yang signifikan, pihak pabrikan klaim motor ini memiliki pengendalian yang lebih baik berkat penggunaan sasis aluminium baru.

Pada kaki-kaki, suspensi depan sudah upside-down 41 mm dan belakang monosok yang sudah di-tuning ulang agar memiliki handling lebih baik. Peleknya model baru 10-spoke ukuran 15 inci, dibalut ban Bridgestone Battlax SC2 berukuran 120/70R15 untuk depan dan belakang 160/60R15.

Pelek ini disandingkan dengan cakram ganda 267 mm berkaliper dua piston, sementara belakang cakram tunggal ukuran 282 mm, kaliper tunggal.

Bicara soal performa, TMax 2022 ini dibekali mesin 2 silinder paralel (Euro 5) berkapasitas 562 cc ,yang mampu menghasilkan tenaga 47 dk di 7.500 rpm dengan torsi 55,7 Nm di 5.250 rpm. Tenaga tersebut disambung melalui transmisi otomatis.

Memberikan kenyamanan pengendara, TMax terbaru sudah dibekali instrument kluster baru 7 inci yang sudah full colour TFT, memiliki konektivitas smartphone melalui Bluetooth atau Wifi dan navigasi satelit dari Garmin. Pihak Yamaha juga memberikan konektivitas smartphone melalui aplikasi MyRide.

Baca juga: Baru Meluncur, SPK New Honda CB150X Puluhan Unit Per Hari Di GIIAS

Bicara soal fitur, motor ini sudah dibekali cruise control, rem ABS, windshield elektrik, jok dan grip dengan pemanas, juga kunci smart keyless. Tidak lupa, terdapat dua riding mode yaitu T Mode untuk berkendara nyaman di perkotaan dan S Mode untuk performa maksimal.

Memaksimalkan performa, motor ini dibekali teknologi Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) dengan APSG. Fitur ini bertujuan untuk menggantikan sistem kabel dan kontrol konvensional, serta dilengkapi magnet dan sensor yang mendeteksi input throttle dan mengirimkan data ke YCC-T.

Yamaha TMax 2022 hadir dalam beberapa pilihan warna yaitu Extreme Yellow, Icon Blue, Sword Grey, Dark Petrol (Tech Max), dan Power Gray (Tech Max). Nantinya skutik besar ini akan hadir dalam dua varian yakni Yamaha TMax 2022 dan TMax Tech Max. Sayangnya, pihak pabrikan berlogo garpu tala itu belum menggumumkan harga resminya.