POPULAR STORIES

Biosolar Terindikasi Air, Distribusi Dari Terminal Pertamina Plumpang Di Stop

Biosolar Terindikasi Air, Distribusi dari Terminal Pertamina Plumpang di Stop Truk Tangki Pertamina di Terminal BBM Plumpang (istimewa)

PT Pertamina (persero) menghentikan sementara pendistribusian biosolar yang berasal dari Terminal BBM Plumpang. Pasalnya, air tangki penerimaan dan pipa di terminal BBM Plumpang terindikasi kandungan air di dalamnya.

Vice President Coporate Communication PT Pertamina (persero), Wianda Pusponegoro mengatakan, saat ini yang masih dilayani dari Terminal BBM Plumpang adalah distribusi solar murni. Ia menjamin distribusi solar murni tidak terkontaminasi dengan air.

"Kita lakukan saat ini hanya untuk solar murni, untuk memberikan quality control terhadap pelanggan. Pelanggan mendapat kepastian bagaimana kualitas solar murni yang kami distribusikan dari BBM Plumpang," kata Wianda di kantor PT Pertamina (persero).

Penghentian sementara oleh Pertamina ini berdasarkan pengaduan masyarakat, tindakan cepat berkoordinasi dengan SPBU untuk segera mengosongkan tangki dan selanjutnya biosolar dibawa ke terminal BBM Plumpang untuk dilakukan proses investigasi.

Investigasi yang dilakukan Pertamina bersama surveyor, ditemukan air di tangki penerimaan dan pipa penerimaan FAME dari kapal pengangkut FAME.

FAME tersebut terkontaminasi air laut dalam perjalanan di laut. Akibatnya, biosolar yang dicampur dengan FAME tersebut turut terkontaminasi air.

Baca Juga: