POPULAR STORIES

Hendry: Saat Touring Saya Memposisikan Sebagai Sweeper

Hendry: Saat Touring Saya Memposisikan sebagai Sweeper Hendry memposisikan dirinya sebagai sweeper saat TIOCI touring. Sweeper itu harus sabar (Foto: KabarOto/Nizhasha)

Tidak mudah memang untuk menjalani rutinitas sebagai sweeper setiap touring. Namun, Hendry ketika Toyota Innova Owner Club Indonesia (TIOCI) touring, ia memposisikan dirinya sebagai sweeper. Bagaimanakah pengalamannya sebagai sweeper?

Ternyata selain sebagai sweeper, Hendry juga sebagai Dewan Penasehat TIOCI. Menurut pria yang berkacamata ini, ia sangat enjoy dengan posisinya sebagai sweeper. Menurutnya, sweeper di sini dibagi dua, sweeper tengah (mid sweeper) dan sweeper belakang (endsweeper). Tugasnya yaitu untuk memastikan seluruh peserta tetap pada posisinya masing-masing pada saat touring berlangsung.

Sesuai dengan namanya, posisi dari sweeper tengah berada ditengah-tengah rombongan dan diperkenankan untuk maju sampai batas posisi VO untuk berkoordinasi jika ada peserta yang trouble. Posisi Sweeper belakang adalah sebagai penutup rombongan, otomatis posisinya adalah paling belakang.

Sweeper belakang diperkenankan untuk maju sampai batas Sweeper Tengah untuk berkoordinasi menyampaikan pesan jika ada peserta yang trouble kemudian disampaikan oleh sweeper tengah kepada VO, atau langsung sweeper Belakang sendiri yang berkoordinasi dengan VO.

"Jika TIOCI touring, saya sebagai sweeper belakang. Sweeper juga harus memastikan para pengemudi dalam posisinya masing-masing. Sweeper ini harus sabar dalam menjalani tugasnya. Sabar menunggu, sabar memantau kendaraan yang tertinggal dan sabar pindah alih arus dari belakang jika ada perintah dari Road Captain (RC) bila ingin pindah lajur," ucap Hendry.

Pria yang juga sebagai pengusaha shockbreaker ini, menuturkan, TIOCI tertib di jalan saat touring. Kenapa? TIOCI di sini juga dilengkapi dengan radio komunikasi (rakom) antar member. Fungsinya sangatlah jelas. Rakom ini untuk saling komunikasi antar member yang ikut touring. Rakom ini akan dipasang di mobil mereka masing-masing. Dipastikan ketika touring ke Cirebon kemarin, zero accident.

Dengan adanya rakom itu, sweeper tidak sulit-sulit untuk berkoordinasi sesama anggota TIOCI yang ikut jalan tersebut.

"Tugas saya sebagai sweeper belakang yang siap menyapu kendaraan. Pengalaman saya sampai sekarang sangat enjoy sebagai sweeper. Di TIOCI hanya saya sebagai sweeper belakang dan tidak adanya sweeper tengah," ucap Hendry.

Baca Juga: