POPULAR STORIES

Rossi Kembali Tunjukkan Keganasannya Berhasil Salip 22 Pebalap Di MotoGP Valencia

Rossi Kembali Tunjukkan Keganasannya Berhasil  Salip 22 Pebalap di  MotoGP Valencia Valentino Rossi saat sesi press conference usai balapan MotoGP Valencia (Foto: Crash.net)

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi gagal merebut Juara dunia MotoGP kesepuluh kalinya karna hanya mampu finish di urutan keempat pada sesi terakhir MotoGP yang diadakan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia Minggu (8/11/2015). Namun The Doctor sudah melakukan yang terbaik yang bisa dia lakukan untuk meraih gelar juara dunianya setelah tampil menabjubkan berhasil melewati  22 pebalap di depannya.

Setelah upaya penangguhan hukumannya di tolak CAS, Rossi harus menerima keputusan kalau dia memulai MotoGP Valencia di posisi belakang. Diakuinya sebelum balapan, situasi tersebut menipiskan peluangnya menjadi juara dunia. The Doctor pada akhirnya tak mampu mempertahankan puncak klasemen yang dia punya setelah Jorge Lorenzo memastikan berada di posisi pertama dan menjadi jadi juara,  keunggulan tujuh poin yang sebelumnya dipunya Rossi kini telah disalip. Rossi harus menunda keinginannya merebut gelar juara dunia yang ke-10.

Meski gagal naik podium, Rossi menunjukkan salah satu penampilan terbaiknya sepanjang musim ini saat dia merangkak dari posisi paling belakang (26) sampai akhirnya finis di urutan keempat. Total ada 22 pebalap dia salip dalam 14 lap.

Sesaat setelah start, Rossi langsung mendahului enam pebalap sekaligus, dan bertambah menjadi delapan di tikungan pertama. Sebelum lap pertama tuntas rider 36 tahun itu sudah berada di urutan 16. Beberapa pebalap lain yang disalip Rossi di lap kedua adalah Yonny Hernandez (tikungan 8) dan Alvaro Bautuista (tikungan 11). Keberhasilan Rossi mendahului Nicky Hayden mengantar dia naik ke urutan 14.

Di lap tiga Rossi kembali naik ke urutan 11, setelah dia menyalip Steven Bradl di tikungan pertama. Pada lap ini Rossi sudah tertinggal lima detik dari Lorenzo di posisi terdepan. Setelah melewati Pirro, Rossi akhirnya masuk 10 besar di lap keempat. Dua pebalap yang kini ada di depan Rossi adalah Danilo Petrucci dan Bradley Smith.

Di lap keenam Rossi naik ke urutan delapan usai menyusul Smith di tikungan delapan. Satu lap berselang giliran Petrucci yang dilewati Rossi, yang membuat dia kini sudah bertengger di posisi tujuh. Di momen ini jarak Rossi dengan Lorenzo sudah melebar menjadi 8,8 detik.

Upaya Rossi merangsek ke posisi atas tidak sepenuhnya berjalan mulus. Dia melebar pada lap delapan, yang membuat jaraknya dengan rombongan di depannya sempat kembali menjauh. Namun di lap ini Rossi punya peluang untuk naik ke posisi empat karena tiga pebalap di depannya punya jarak berdekatan yakni Andrea Dovizioso, Aleix Espargaro dan Pol Espargaro.

Memasuki lap 13, Rossi sudah melewati Espargaro bersaudara dan duduk di posisi lima. Dia kini mengincar Dovizioso yang ada di urutan empat. Di lap 14 Rossi akhirnya menduduki posisi empat setelah dia menyalip rekan senegaranya itu. Namun begitu, jarak Rossi dengan rombongan pebalap terdepan sudah sangat jauh. Dengan Dani Pedrosa, yang saat itu ada di posisi tiga, dia tertinggal 11 detik lebih.

Meski sejak Rossi berhasil menempati posisi empat balapan masih menyisakan 15 putaran lagi, The Doctor tak pernah berhasil mendekati Pedrosa, Marquez, dan Lorenzo yang berada di barisan terdepan. Posisi empat adalah hasil terbaik yang didapat Rossi di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Dengan hasil ini, Rossi harus puas berada di posisi dua klasemen akhir MotoGP musim 2015.

Baca Juga: