Tips Agar Footstep Tidak Mudah Aus

Sari
Sari 14 Feb 2017 - 06:29
Tips Agar Footstep Tidak Mudah Aus
Footstep cepat aus jika tidak dirawat (foto: ist)

Keberadaan footstep atau pijakan kaki baik depan maupun belakang motor pada kendaraan roda dua cukup penting untuk kenyamanan berkendara. Selain menjadi pijakan kaki, footstep juga mempengaruhi keseimbangan dan kestabilan berkendara.

Bro n sist perlu memperhatikan perawatan footstep agar tidak mudah aus karena terlalu banyak menumpu beban tekanan pengendara. Footstep yang tidak terawat juga akan melengkung, lapisan karet yang menyelimuti footstep bagian besi sudah tipis, sehingga kaki mudah slip ketika basah. Saat longgar, lapisan karet bisa terlepas dari tempatnya.

Agar footstep tetap terjaga dengan baik, semprot dengan cairan pelumas di bagian yang kerap bergesekan dengan rutin termasuk bagian engsel. Jika footstep bagian belakang motor jarang diberikan oli atau pelumas, maka footstep dan penyangganya akan cepat aus karena terjadi gesekan secara rutin. Sehingga footstep akan longgar dan tidak bisa dilipat lagi. Untuk mengatasinya bersihkan footstep lalu ganti ring pada footstep dengan ukuran yang sesuai untuk mengganjalnya agar tidak longgar lagi.Jika kondisi footstep sudah parah dan pada bagian belakang sering kali turun, lebih baik ganti karet bagian luar atau ganti dengan yang baru.