85.827 Kendaraan Kembali Ke Jakarta Di Hari Raya Natal 2018

85.827 Kendaraan Kembali ke Jakarta di Hari Raya Natal 2018 Lalu lintas Jalan Tol

KabarOto.com - Pada Hari Raya Natal Tahun 2018 yang jatuh pada Selasa (25/12/2018) lalu, terpantau adanya peningkatan lalu lintas yang sangat signifikan untuk kendaraan yang kembali ke Jakarta. Tercatat total 85.827 kendaraan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jumlah tersebut meningkat 59,4% dari volume lalin harian normal sebanyak 53.849 kendaraan.

Selain di GT Cikarang Utama, di Hari Raya Natal 2018 Jasa Marga juga mencatat peningkatan lalu lintas arah Jakarta yang cukup signifikan di sejumlah Gerbang Tol (GT) yang mencerminkan kota destinasi favorit pengguna jalan, diantaranya adalah GT Pasteur di Jalan Tol Purbaleunyi dan GT Ciawi di Jalan Tol Jagorawi.

Baca juga: Tol Pandaan-Malang Dibuka, Surabaya-Malang Tidak Sampai Satu Jam

Untuk lalu lintas yang melewati GT Pasteur Jalan Tol Purbaleunyi adalah sejumlah 33.284 kendaraan, meningkat 22,5% dari lalu lintas normal sebesar 27.177 kendaraan.

Sementara Lalu lintas arah Jakarta yang melewati GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi adalah sejumlah 35.992 kendaraan, meningkat 70,3% dari lalu lintas normal sebesar 21.089 kendaraan.

"Untuk kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama juga masih mengalami peningkatan signifikan," ujar Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga.

Ia pun menjelaskan, tercatat 68.502 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jumlah tersebut meningkat 30,4% dari volume lalin normal yaitu 52.515 kendaraan.

Baca juga: Perlancar Libur Nataru, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7 Beroperasi Fungsional

Untuk itu, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan yang hendak melakukan perjalanan balik untuk mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas, serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

Selain itu, pastikan kondisi tubuh prima serta kecukupan BBM kendaraan sebelum memasuki perjalanan di jalan tol terutama bagi para pemudik yang melakukan perjalanan panjang Tol Trans Jawa.