POPULAR STORIES

Ada Merek Motor Listrik Lain Yang Akan Mendapatkan Subsidi Rp 7 Juta

Ada Merek Motor Listrik Lain yang Akan Mendapatkan Subsidi Rp 7 Juta Motor listrik Gesits mendapat subsidi dari Pemerintah (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Subsidi motor listrik sebesar Rp 7 juta dari Pemerintah mulai berlaku 20 Maret 2023. Ada 3 merek yang mendapatkannya, yaitu Gesits, Selis dan Volta. Ada 3 merek lain yang akan mendapatkan insentif tersebut.

Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian RI memaparkan, saat ini banyak produsen motor listrik sedang mengejar Tingkat Komponen Dalam negeri (TKDN) sampai 40%. Itu menjadi syarat pemerintah dalam memberikan subsidi.

Baca juga: Tahun 2022 Jadi Momen BMW Indonesia Perkenalkan Kendaraan Listrik

Motor listrik United (Foto: KabarOto)

Dengan syarat tersebut, industri otomotif sudah melibatkan UMKM lokal untuk memproduksi motornya. Ini juga menjadi langkah industri untuk mendirikan pabrik di Indonesia. "Kenapa lokal konten ini penting, Karena kami ingin ada serapan tenaga kerja di Indonesia," terang Agus Gumiwang Kartasasmita belum lama ini.

Menurutnya Hyundai atau siapapun, tetapi 40% kandungan lokal. "Artinya, sudah ada banyak penyerapan tenaga kerja di Indonesia yang terlibat," pungkas Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca juga: Penjualan Wuling Air Ev Merosot Tajam, Konsumen Menunggu Subsidi Pemerintah

Diambil dari situs P3DN, daftar penerima subsidi motor listrik bertambah menjadi 6 merek. Salah satunya PT Terang Dunia Internusa, sudah memenuhi TKDN di atas 40%.

Mereka mendaftarkan produknya, seperti United T-1800, TKDN-nya sudah 56.89%, TX-1800 sebanyak 57,02%, dan United TX-3000 mencapai 57.19%.