POPULAR STORIES

Begini Ilustrasi Simulasi Penutupan Akses Keluar-Masuk Wilayah Jakarta Timur

Begini Ilustrasi Simulasi Penutupan Akses Keluar-Masuk Wilayah Jakarta Timur

KabarOto.com - Sesuai dengan surat telegram nomor STR/414/III/OPS.2./2020 yang dikeluarkan Kapolda Metro Jaya, jajaran Polda Metro Jaya diminta untuk melakukan simulasi. Namun, Kapolda Metro Jaya masih enggan mengatakan bahwa Jakarta akan local lockdown.

"Jadi bukan berarti ada karantina wilayah. Rencana akan latihan atau simulasi, bukan lockdown atau karantina," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus.

Baca Juga: Begini Ilustrasi Simulasi Penutupan Akses Keluar-Masuk Jakarta Selatan

Nah, terkait rekayasa lalu lintas simulasi penutupan wilayah Jakarta, beberapa di antaranya sudah keluar. Salah satunya untuk Wilayah Timur. Satlantas Polres Metro Jaya Jakarta Timur akan menyekat beberapa arus, sebagai berikut:

Area pertama yang akan disekat yaitu Traffic Light (TL) Pangkalan Jati Jl Kalimalang. Arus kendaraan dari arah Barat menuju Bekasi atau arah Jawa di TL Halim Lama - Jl Raya Kali Malang - TL Borobudur - pos PAM penyekatan di TL Pangkalan Jati. Nantinya, kendaraan akan dialihkan belok kiri mengarah ke Jl Pondok Bambu.

Selanjutnya, arus kendaraan dari arah Pondok Gede atau Jati Waringin lurus sampai Pos PAM penyekatan di TL Pangkalan Jati. Di sini arus kendaraan akan dialihkan belok kiri mengarah ke TL Halim Lama menuju Jl D.I Panjaitan atau lurus menuju Jl Pondok Bambu.

Ilustrasi Google Maps jalan tidak bisa dilewati

Area kedua yaitu TL H. Naman Jl Kalimalang, di mana arus kendaraan dari arah Barat atau menuju Bekasi atau arah Jawa di TL Halim Lama lurus ke Jl Raya Kalimalang - TL Borobudur - pos PAM penyekatan di TL Pangkalan Jati.

Nah, jika kendaraan masih lolos melewati penyekatan Polres sudah memiliki plan B. Apabila dari TL Pangkalan Jati lolos dan lurus sampai Raden Inten kemudian TL Lampiri hingga pos PAM penyekatan di TL H. Naman. Sampai disini arus kendaraan akan dialihkan untuk putar balik di U Turn, kembali ke arah Barat atau Jakarta.

Baca Juga: Bogor Siap-siap Lockdown, Ini Rekayasa Lalu Lintas

Ilustrasi jalan tol

Area ketiga TL Cacing Jl Raya Bekasi, arus kendaraan dari arah Barat/Utara menuju Bekasi/arah Jawa di pertigaan Coca Cola - Jl Perintis Kemerdekaan - TL Kelapa Gading - TL Warung Jengkol (Terbus Pulo Gadung) - Jl Sultan Hamengku Buwono - TL Pupar - Jl Raya Bekasi - Pasar Cakung - pos PAM penyekatan TL Cacing di bawah tol Naman.

Arus kendaraan tersebut akan dialihkan ke dua arah yaitu untuk putar balik di U Turn kembali ke arah Barat/Jakarta atau dialihkan belok kanan menuju Jl Komarudin arah Pulo Gebang.