Begini Penjelasan Suspensi Coilover DFV Sampai 4-Way

Begini Penjelasan Suspensi Coilover DFV Sampai 4-Way Tipe 3-Way bisa di setting sebanyak 3 parameter (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Suspensi atau sokbreker kendaraan memang dirancang sedemikian rupa untuk berbagai fungsi, begitu pula merek aftermarket yang menawarkan parameter settingan.

Contohnya merek Ohlins yang menawarkan macam-macam jenis suspensi, namun bisa dibedakan dari parameter yang dibutuhkan, dari tipe DFV hingga 4-Way.

"Jadi, ada beberapa tipe parameter settingan, dari DFV, 1-Way, 2-Way, 3-Way dan 4-Way adjustable suspension, itu tergantung kebutuhan si konsumen," ujar Eddy Saputra selaku Manajer dari PT Sentra Multi Jasa yang menaungi merek Ohlins Indonesia.

Ia menjelaskan, DFV adalah tipe suspensi sport yang mendasar. DFV merupakan singkatan dari Dual Flow Valve Technology, yang diklaim bisa berfungsi optimal di jalan umum maupun trek balap.

Baca juga: Bagaimana Servis Dan Perawatan Sokbreker Ohlins Yang Benar?

2-Way adjustable suspension, bisa diatur sebanyak 2 parameter

Suspensi tipe DFV memang memiliki fitur yang lebih terbatas dibandingkan 1-Way hingga 4-Way, namun semua kembali ke kebutuhan si pemilik kendaraan.

DFV pun memiliki fitur compression rate dan rebound yang bisa disesuaikan dengan karakteristik pemilik kendaraan. Hanya saja setting harus dilakukan dengan cara membongkar internal part dari suspensi itu sendiri.

Berbeda dengan tipe DFV, 1-Way hingga 4-Way punya kelebihan setting suspensi tanpa harus membongkar internal parts. "Bisa menggunakan kunci yang akan kita berikan saat membeli suspensi, hanya tinggal diputar untuk menyesuaikan settingan," tambah Eddy Saputra.

Baca juga: Banyak Beredar Ohlins Palsu, Bagaimana Cara Bedakan Dengan Aslinya?

Tipe 4-Way suspension, bisa diatur sebanyak 4 parameter

Perbedaan mendasar secara spesifik dari tipe suspensi 1-Way hingga 4-Way adalah banyaknya parameter settingan, yang dapat dilakukan dalam sebuah sokbreker itu sendiri.

"Bisa dilihat dari lubang baut dan kunci, terdapat jumlah lubang dan kunci yang bisa di setting, dari 1 sampai 4. Jika 1 artinya itu 1-Way, begitu juga dengan 4 artinya 4-Way," tutupnya.

Tentu saja, semakin banyak parameter settingan yang bisa dilakukan, harganya pun semakin tinggi. Jadi, intinya sesuaikan dengan kebutuhan.