Bukan Mitos, Terlalu Lama Parkir Bisa Sebabkan Dua Hal Ini

Bukan Mitos, Terlalu Lama Parkir Bisa Sebabkan Dua Hal Ini Foto: Wandha/KO

KabarOto.com - Saat mobil berdiam diri di rumah saja, mungkin Sobat KabarOto sudah mencari banyak cara lakukan perawatan kendaraan. Ternyata banyak hal dari tips perawatan yang dianggap mitos oleh sebagian orang, tapi sebagian lain mempercayainya.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) membahas perihal mitos terkait perawatan. Nah, dua hal ini ternyata bukan Mitos, sob! Kendaraan yang dibiarkan terlalu lama parkir bisa mengakibatkan beberapa hal, tentunya ada alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi serta apa yang perlu dilakukan.

Baca Juga: Merawat Ban Mobil Penting, Begini Caranya

1. Ban Mobil Kempes Sendiri
Cukup dibahas terkait perawatan ban, PT MMKSI mengatakan bahwa ini adalah hal wajar. Bukan sebuah mitos belaka, ban mobil yang kempes sendiri saat terparkir dalam jangka waktu lama bisa terjadi. Hal ini diakibatkan terjadinya penurunan suhu yang berubah-ubah antara suhu udara, tanah, dan tekanan angin ban.

Saat suhu udara dingin seperti di malam hari akan terjadi penurunan suhu di dalam ban, sehingga tekanan ban akan ikut menurun dan lama kelamaan ban kempis.

Berbeda halnya jika mobil sering digunakan saat siang hari, suhu panas tekanan angin di ban akan meningkat. Sebab itu, mobil yang sering digunakan tekanan anginnya relatif terjaga.

Baca Juga: Ketahui Beda A/T Dan CVT Pada Transmisi Otomatis

2. Parkir Mobil Manual di Posisi Gigi Masuk
Bagi pemilik mobil dengan transmisi manual, ternyata ada banyak yang mempercayai saat parkir sebaiknya tuas transmisi dalam posisi gigi masuk. Hal ini dilakukan agar sewaktu-waktu saat hand brake kehilangan fungsi, maka mobil tetap dalam keadaan diam.

Ternyata hal ini dianggap fakta, PT MMKSI menjelaskan bahwa mengaktifkan rem parkir dalam kurun waktu lama bisa mengakibatkan kampas rem lengket dengan piringan rem.

Sebaiknya Sobat Kabaroto masukkan ke gigi-1 untuk transmisi manual posisi P untuk transmisi otomatis. Cara ini dilakukan khususnya untuk area parkir yang datar.