POPULAR STORIES

Cara Ampuh Usir Tikus Dari Kap Mesin Mobil

Cara Ampuh Usir Tikus dari Kap Mesin Mobil Tikus di dalam kap mesin mobil (Foto: Auto2000)

KabarOto.com - Tikus, merupakan binatang pengerat yang tidak hanya hidup di dalam tanah atau tempat pembuangan air. Binatang ini juga bisa ada di dalam mobil, terutama di bagian mesin.

Tanpa diketahui oleh pemilik kendaraan, perlahan keberadaan tikus bisa merusak komponen-komponen mobil, seperti kabel-kabel yang berkaitan dengan kelistrikan.

Hal itu membuat performa mobil menjadi terganggu. Bahkan bisa menimbulkan korsleting di bagian lampu atau kelistrikan lainnya. Sapto Saputro, dari AFI motor yang pernah mengusir tikus dari mobil konsumennya, memberikan 6 cara.

Baca Juga: Bikin Kap Mesin Suzuki Jimny Makin Mewah Dengan Hood Damper

1. Menyebar kapur barus atau kamper di ruang mesin

Tikus sangat alergi dengan bau kamper. Anda bisa menghancurkan kamper ini dengan cara ditumbuk, kemudian sebarkan di seluruh bagian mesin mobil.

kap mesin mobil (Foto: KabarOto.com)

Menyebarkan kamper jangan hanya di satu sisi, tapi seluruh sudut mesin, agar tikus bisa keluar dan tak ingin lagi masuk ke kap mesin melalui bagian bawah.

2. Semprotkan cairan anti tikus

Cara ini biasanya dilakukan oleh orang yang alergi terhadap kamper. Spray anti tikus bisa di dapatkan di toko perlengkapan otomotif. Caranya, jangan disemprotkan langsung, tapi terlebih dahulu dilakukan ke kain bekas, hingga basah, kemudian letakkan di sudut-sudut bagian mesin mobil.

Atau bisa letakkan kain tersebut di sela-sela filter udara, bisa juga dililitkan kain ke selang ac, agar aromanya merata.

3. Gunaan ultrasonik pengusir tikus

Jika tikus sudah terlalu banyak beranak pinak, dan menggerogoti kabel, gunakan alat ultrasonic yang bisa mengeluarkan suara dengan frekuensi rendah. Alat ini akan menggangu keberadaan tikus, dan mereka akan menjauh dari sumber suara itu.

Caranya, setelah membeli di toko elektronik, kemudian hubungkan kabel positif ke baterai dan kabel negatif ke masa. Letakan alat ini didalam ruang mesin dengan posisi yang jauh dari panas.

Saat mobil diparkirkan di garasi malam hari, hidupkan alat ini dengan menekan saklarnya. Alat akan bekerja menggunakan arus listrik dari aki selama semalaman. Jadi pastikan kondisi aki tidak tekor, agar mobil bisa kembali dihidupkan untuk dipakai beraktivitas.

4. Bersihkan mesin mobil agar terlihat bersih

Setelah tikus keluar dari mesin mobil, Anda bisa membersihkannya agar terlihat kinclong. Agar kotoran dan bau yang membekas di ruang mesin tidak tercium oleh tikus lain. yang membuat mereka akan datang danbersembunyi di tempat tersebut.

Baca Juga: Bikin Nyaman Kabin Mobil, Ini Harga Kaca Film Ionic Wealthy

6. Jangan parkirkan mobil di dekat selokan atau semak-semak

Nah, agar terhindar dari tikus, usahakan jangan memarkirkan mobil di semak-semak atau selokan tempat tikus bersarang. Dua area tersebut harus dihindari agar binatang tersebut tidak bersarang di mobil Anda.