POPULAR STORIES

Cara Mengetahui Oli Sokbreker Depan Motor Berkurang Atau Tidak

Cara Mengetahui Oli Sokbreker Depan Motor Berkurang atau Tidak Sokbreker depan motor

KabarOto.com - Sepeda motor dikendalikan oleh setang, pengemudi harus menjaga kestabilan saat mengarahkan motor di jalan raya. Setang ini, di bawahnya terdapat suspensi yang menghubungkan roda depan. Fungsinya untuk meredam gerakan naik turun yang dihasilkan roda depan saat melintasi berbagai kondisi jalan.

Oke Desiyanto, Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah mengatakan, suspensi terdiri dari sokbreker memiliki dua kemampuan, yaitu Compression dan Rebound. Compression untuk menyerap tekanan gaya ke arah atas sokbreker, saat berada di jalan bergelombang atau rusak. Sementara itu, rebound untuk memperlambat tekanan balik yang dihasilkan pegas ulir setelah menerima tekanan.

Baca Juga: Fungsi Oli Sokbreker Depan Motor Yang Perlu Diketahui

Compression menggunakan pegas ulir sebagai komponen utama yang bekerja menerima atau menyerap tekanan dan Rebound menggunakan komponen utama berupa orifice, fungsinya mengatur kecepatan aliran oli. Dikarenakan oli melalui orifice, maka kerja Rebound sangat ditentukan oleh kekentalan dan kuantitas oli di dalam shock.

Oli sokbreker ini perlu dilakukan perawatan, karena jika oli habis atau berkurang, kinerja suspensi akan terganggu. Untuk mengecek oli sokbreker dalam kondisi baik, yang harus Anda lakukan di antaranya saat motor berhenti, berdiri dan topang motor dengan kedua kaki.

Tekan roda depan dengan menekan tuas rem, kemudian gunakan setang untuk menekan sokbreker depan secara berulang. Makin cepat tendangan balik yang diberikan, maka oli sokbreker harus segera diganti.

Tendangan balik yang cepat akan menyebabkan setang akan mudah mengayun atau mantul sehingga gelombang ayunan dan pantulan tidak diserap. Kondisi ini tidak aman dan mengurangi kenyamanan mengendarai motor.

Jangka waktu penggantian oli sokbreker depan sesuai pabrikan adalah 20.000 KM atau 2 tahun, atau mana yang lebih dahulu tercapai. Motor yang digunakan setiap hari, berpengaruh pada kondisi sokbreker.

Baca Juga: Gemar Trabasan? Upside Down Dan Mono Sokbreker Bisa Jadi Pilihan

Semakin sering melewati jalan tidak rata, bergelombang, berlubang maka umur oli makin cepat turun. “Setang sangat vital untuk pengendalian, selalu memerhatikan kondisi motor akan sangat membantu kita 'Cari Aman' kemanapun kita pergi,” tutup Oke.