Cara Mudah Perbaiki Cakram Rem Yang Baret

Cara Mudah Perbaiki Cakram Rem yang Baret Cakram rem (istimewa)

Kabaroto.com - Apakah Anda pernah mendengar suara kasar pada saat mengerem atau kendaraan Anda serasa bergetar pada saat mengerem? Jika iya, kemungkinan besar cakram rem kendaraan Anda baret atau bergelombang.

Peranti rem berfungsi untuk mengatur kecepatan dan menghentikan laju kendaraan. Sistem Rem masuk dalam komponen utama aspek keselamatan kendaraan. Sistem rem bekerja dengan melakukan penekanan pada rotor yang berputar sehingga menimbulkan gesekan dan panas. Gesekan itu akan memperlambat putaran rotor.

Namun, terkadang cakram rem mengalami kerusakan. Penyebab rusaknya cakram rem yang paling sering adalah karena terselipnya kotoran sepert kerikil di antara cakram dan kanvas rem.

Kerikil tersebut akan terhimpit saat pengereman terjadi, dan meninggalkan luka pada cakram. Selain itu, kasus yang sering terjadi adalah pemilik mobil lupa untuk mengganti kanvas rem pada waktunya. Sehingga saat kanvas sudah habis, besi penopang kanvas akan bersentuhan langsung dengan cakram.

Lantas, bagaimana cara mencegahnya? Jika cakram terlanjur baret, solusinya adalah mengganti cakram atau menghaluskan kembali dengan menipiskan permukaan cakram. Cakram dibubut bisa saja, asalkan ketebalan cakram dalam batasan yang diizinkan.