POPULAR STORIES

Cara Produsen Ban Berkontribusi Terhadap Lingkungan

Cara Produsen Ban Berkontribusi Terhadap Lingkungan Jajaran produk Bridgestone (Foto Ilustrasi: KabarOto)

KabarOto.com - Sebagai produsen ban terkemuka di dunia, Bridgestone tak hanya menjual karet bundar untuk pengguna kendaraan bermotor. Mereka juga fokus berkontribusi terhadap lingkungan, menjalankan aspek environmental, social, and corporate governance (ESG).

Perusahaan asal Jepang ini, melakukan penanaman 10.000 pohon mangrove di lahan seluas satu hektar di kawasan pesisir Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Human Resources & General Affairs (HRGA) Director Bridgestone Indonesia Yunus Triyonggo mengatakan, penanaman mangrove ini sekaligus memperingati International Day for the Conservation of the Mangrove Ecosystem atau Hari Mangrove sedunia.

Baca Juga: Bridgestone Turanza T005A Dan Alenza A001 Jadi Ban OE All New Toyota Yaris Cross

“Penanaman mangrove ini merupakan kelanjutan dari program yang sama pada tahun 2016," terangnya dalam keterangan resmi. Tahun ini perusahaan memperluas program ini, selain berkontribusi terhadap lingkungan dengan menghambat abrasi dan pengurangan karbon, buah, daun, dan akar mangrove.

"Nantinya bisa diolah menjadi bahan baku produk makanan dan juga pewarna alami produk wastra, sehingga berdampak secara ekonomi terhadap warga di sini,” ujar Yunus Triyonggo lagi.

Kegiatan penanaman mangrove ini disambut dengan antusias oleh para karyawan perusahaan dan tercatat lebih dari seratus karyawan ikut serta sebagai volunteer dalam kegiatan ini.

Penanaman 1.000 Mangrove (Foto: Bridgestone)

Selain itu, perwakilan dari mitra perusahaan, perwakilan masyarakat dan perwakilan warga Kampung Beting turut berpartisipasi di kegiatan penanaman mangrove ini.

Diharapkan dengan aksi penanaman mangrove oleh Bridgestone Indonesia akan terus memberikan dampak positif kepada masyarakat dalam bidang ekologi, ekonomi dan sosial masyarakat.

Selain melakukan monitoring mangrove, Bridgestone Indonesia juga berkolaborasi dengan organisasi lokal Kebaya dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Alipbata untuk mengelola hasil mangrove menjadi produk yang ekonomis dan berdaya guna.

Lebih lanjut, Bridgestone Indonesia juga melakukan langkah empowerment ke kelompok ibu-ibu Kampung Beting untuk meningkatkan ekonomi keluarganya dengan pelatihan membatik dan memproduksi produk makanan olahan dari tanaman mangrove.

Baca Juga: Bridgestone Jadi Mitra Utama Kompetisi Balap Mobil Tenaga Surya BWSC 2023

“Fondasi program keberlanjutan di Bridgstone pada dasarnya mengacu pada strategi lima pilar, yaitu carbon neutral, ekonomi sirkular, solusi dan inovasi produk, pemberdayaan komunitas, serta pola pikir dan budaya berkelanjutan,” katanya.