POPULAR STORIES

Demi Honda Dan Yamaha, Dorna Sport Revisi Aturan Konsesi

Demi Honda dan Yamaha, Dorna Sport Revisi Aturan Konsesi Marc Marquez menyisakan kontrak satu tahun lagi bersama Honda (Foto: MotoGP)

KabarOto.com - Yamaha dan Honda dikabarkan akan mendapatkan konsesi dari Dorna Sport. Upaya ini dilakukan untuk membuat pabrikan Jepang dapat bersaing lagi di MotoGP.

Direktur Olahraga Dorna Sport, Carlos Ezpeleta mengukapkan, bekerja untuk Honda dan Yamaha agar mereka bisa kembali kompetitif lagi dalam waktu dekat.

Menurut Carlos, performa Marc Marquez yang sejak lama menurun menjadi alasan, dengan adanya konsesi baik Honda dan Yamaha, bisa bersaing di posisi terdepan seperti biasa.

Baca Juga: Punya Pengalaman Saat Zaman Valentino Rossi, Yamaha Yakin Bangkit Di MotoGP

Fabio Quartararo pebalap Yamaha di MotoGP

Namun, dengan regulasi yang ada, Honda dan Yamaha baru bisa mendapatkan konsesi pada tahun 2025, dan itu dinilai terlambat untuk mereka bisa bersaing di posisi terdepan. Oleh sebab itu, regulasi ini akan direvisi agar bisa dilakukan lebih cepat.

Lalu, apakah dengan revisi regulasi konsesi akan membuat Marquez bertahan di Honda? Jawabannya belum dipastikan. Sebagai informasi, Pedro Acosta akan naik kelas ke MotoGP pada tahun depan.

Carlos menambahkan, tidak rencana untuk menambah pebalap menjadi 22 di tahun depan. Idealnya adalah 20 pebalap.

Baca Juga: Dorna Sport Bakal Berikan Konsesi Ke Yamaha Dan Honda, Bos Ducati Beri Tanggapan

"Kami akan memiliki Pedro di MotoGP, kemudian muncul pembahasan tentangnya dan tim mana yang akan dibela. Sedangkan, Marc masih memiliki kontrak bersama Honda satu tahun lagi," jelas Carlos.

Sebelumnya, Suzuki, Aprilia, dan Ducati mendapatkan konsesi, sehingga mampu bersaing di posisi terdepan.

"Honda dan Yamaha pernah mempertimbangkan konsesi di masa lalu, karena melihat Ducati tampil kompetitif. Tim lain akan mengerti, dan Dorna akan revisi sistem konsesi," tutup Carlos.