POPULAR STORIES

H+2 Libur Panjang Hanya 347.733 Kendaraan Yang Kembali Ke Jakarta

H+2 Libur Panjang Hanya 347.733 Kendaraan yang Kembali ke Jakarta

KabarOto.com - Aktivitas akhirnya berjalan seperti biasa karena libur panjang akhir pekan dalam rangka Maulud Nabi Muhammad SAW telah berakhir. Diprediksi puncak arus balik terjadi pada Minggu, (1/11).

Sejak 31 Oktober 2020 - 1 November tercatat baru 347.733 kendaraan menuju Jakarta. Ini merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama yaitu GT Cikampek dan GT Kalihurip Utama, GT Cikupa, dan GT Ciawi.

Baca Juga: Rawan Lalu Lintas Padat Saat Arus Balik, Jasa Marga: Kembali Ke Jakarta Lebih Awal

Total volume lalu lintas menuju Jakarta meningkat sebesar 24,7% jika dibandingkan dengan keadaan new normal.

Jika jumlah tersebut dirinci kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui GT Cikampek Utama 2 sebanyak 100.647 unit. Sementara yang melalui GT Kalihurip Utama 2 berjumlah 90.679 kendaraan. Total ada 191.326 kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur.

Baca Juga: Angkutan Sumbu Tiga Dilarang Lewat Tol Lagi, Kecuali 7 Jenis Angkutan Ini

Kendaraan dari arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak sebanyak 83.603 unit. Sedangkan dari arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 72.804 kendaraan.

Demi menjaga kondisi yang saat ini masih rawan penyebaran Covid-19, para pengguna jalan diharapkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan.

Sejak beberapa hari lalu, Jasa Marga juga mengimbau agar masyarakat yang menuju DKI Jakarta tak berbarengan kembali pada Minggu (1/11). Pasalnya, hal ini akan memicu kepadatan lalu lintas. Tapi, melihat angka tersebut baru sebagian pemudik yang sudah kembali dimana pada saat arus mudik tercatat lebih dari 509 ribu kendaraan yang tinggalkan Ibu Kota.