Hari Angkutan Nasional, Ini 5 Perusahaan Karoseri Terbaik Di Indonesia

Hari Angkutan Nasional, Ini 5 Perusahaan Karoseri Terbaik di Indonesia Bus double decker buatan dalam negeri (ist)

KabarOto.com - Tak dapat dipungkiri, bagi sebagian masyarakat di Indonesia, ketergantungan terhadap angkutan umum masih sangat tinggi, untuk mendukung mobilitas mereka. Sehingga, keberadaan sarana angkutan umum yang memadai sangat dibutuhkan.

Tepat di hari ini, Rabu (24/02/2019) merupakan hari peringatan angkutan nasional. Sebenarnya, informasi mengenai sejarah hari angkutan nasional sulit didapatkan sehingga tidak diketahui apa dan bagaimana awal mula dari ditetapkannya hari besar ini. Yang lebih dikenal justru Hari Perhubungan Nasional pada 17 September.

Baca juga: Ssttt.. Ada Suzuki Carry Baru Dan Jimny Di Telkomsel IIMS 2019

Ilustrasi proses pembuatan bus

Terlepas dari sejarah tersebut, saat ini sebagian besar masyarakat masih menggantungkan diri pada angkutan umum sebagai sarana transportasinya.

Beberapa dekade lalu, seperti kita ketahui bersama, kondisi sarana angkutan umum di Indonesia masih sangat jauh dari kata layak dan nyaman, sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan dan membeli kendaraan pribadi.

Namun kini, kondisi angkutan umum khususnya bus, sudah berubah menjadi lebih baik. Bahkan bisa dikatakan sejajar dengan kualitas bus-bus buatan luar negeri.

Baca Juga: Nih, Daftar Shuttle Bus IIMS 2019

Kenyataan ini didukung oleh makin meningkatnya kemampuan industri karoseri di tanah air, yang berhasil memproduksi bus dengan kualitas yang baik.

Berikut ini 5 daftar perusahaan Karoseri di Indonesia yang terkenal piawai dalam memproduksi sebuah bus:

1. Karoseri Adi Putro

Adi Putro merupakan salah satu pencetus Komitmen dalam Standarisasi produk. Bus berkelas eksekutif adalah bus yang paling banyak dibuat oleh pabrik karoseri yang memperkejakan 600 orang karyawan ini. JetBus HD adalah salah produk unggulan dari karoseri yang bermarkas di Malang ini.

Karoseri yang mengusung jargon "Senantiasa Terdepan" tersebut berusaha memberikan yang terbaik bagi pengusaha dan pengguna bus. Jauh sebelum Toyota Original Body (TOB) muncul, Adi Putro juga pernah berjaya dengan produk karoseri minibusnya dengan model kijang, carry, dan lainnya.

Bus buatan Adi Putro

2. Laksana

Laksana adalah karoseri dengan jumlah jenis produk yang paling banyak di antara yang lain. Dalam membuat model, mereka senantiasa menyesuaikannya dengan model transportasi yang paling baru, serta diimbangi dengan penambahan mutu kualitas produk.

Sebagian produknya cukup disukai oleh masyarakat. Seperti line up bus termewahnya, All New Legacy Sky (bus besar) atau All New Tourista (versi medium). Dengan kualitas produknya yang terjaga, tak mengherankan bila pada 2018 lalu, Laksana mendapat piagam penghargaan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sebagai perusahaan karoseri terbaik Se-Jateng dan D.I.Y.

Salah satu bus garapan Laksana

3. Tentrem

Sejarah karoseri tentrem, berawal dari sebuah PO Tentrem yang berdiri pada tahun 1986 di Kota Malang, Jawa Timur. Kemudian bisnis berkembang menjadi bengkel, pada mulanya bengkel tersebut hanya untuk perawatan armada bus PO Tentrem secara internal.

Akan tetapi pada tahun 1998 Tentrem berkembang lebih besar dan menjadi sebuah karoseri yang tidak hanya melayani reparasi, perawatan body, pembuatan bus PO Tentrem dan juga untuk umum.

Karoseri Tentrem ini juga mendapatkan sertifikat resmi dari Mercedez benz mengenai standarisasi body builder di atas Mercedez benz. Karoseri tentrem merupakan satu-satunya karoseri yang pertama kali membangun body bus di atas chassis SCANIA K380IB.

Bus Mercedes-Benz buatan Tentrem

4. Delima Jaya

Berlokasi di Jl. KH Soleh Iskandar no.5 di Bogor, Delima Jaya Group adalah salah satu produsen karoseri kendaraan yang cukup kaya akan pengalaman. Pasalnya, perusahaan karoseri tersebut telah menyediakan produk dan layanan yang tepat waktu serta terjangkau selama lebih dari 40 Tahun.

Baca Juga: Ini Bus Listrik Terpanjang Di Dunia

Dalam keterangan resminya, Delima jaya mengatakan bahwa dalam proses produksinya, ia dibantu oleh sejumlah mekanik dan teknisi ahli bersertifikat. Tak mengherankan bila Delima Jaya mengklaim, bahwa pihaknya bisa menwujudkan segala kebutuhan konsumennya, dalam membuat suatu kendaraan baik mobil pribadi maupun bus yang dapat dipesan secara khusus.

Bus buatan Delima Jaya

5. New Armada

PT Mekar Armada Jaya Pertama kali didirikan sebagai bengkel rumahan pada 1974 dan kini telah berkembang sebagai salah satu perusahaan karoseri terbesar di Asia Tenggara.

Didukung dengan luas area produksi sekitar 33 hektrar dan lebih dari 2.400 orang pegawai, New Armada terus berupaya menghadirkan kendaraan yang nyaman, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konsumennya.

Tak mengherankan bila perusahaan tersebut lantas mendapat kepercayaan dari beberapa instansi pemerintah untuk menyediakan angkutan umum khususnya bus untuk melayani masyarakat. Salah satu perusahaan transportasi yang telah mempercayai New Armada dalam membuat bus adalah TransJakarta.

Bus double decker buatan New Armada