POPULAR STORIES

Hasil WRC Swedia 2023: Ott Tanak Raih Kemenangan

Hasil WRC Swedia 2023: Ott Tanak Raih Kemenangan Ott Tanak menang telak di WRC Swedia 2023 (foto : WRC)

KabarOto.com – Pereli tim M-Sport Ford, Ott Tanak berhasil meraih kemenangan di World Rally Championship (WRC) Swedia 2023, Minggu (12/2).

Sang Juara Dunia 2019 ini berangkat ke Swedia dengan ekspektasi rendah, karena dirinya masih menyesuaikan diri dengan Ford Puma Rally1 usai hijrah dari Hyundai. Tanak sempat kesulitan untuk tampil konsisten pada seri pembuka, WRC Monte Carlo. Di mana ia hanya mampu finis posisi kelima.

Baca Juga : Kembali Ke F1, Ford Tidak Akan Tinggalkan WRC

Craig Breen menempati posisi kedua

Tetapi, di seri Swedia kali ini, pereli berusia 35 tahun ini menunjukkan peningkatan performa. Selain menjadi pereli tercepat di Swedia dengan mencatatkan satu waktu paling bagus dari 18 etape. Tapi, kecepatan yang konsisten juga menjadi kunci utama untuk meraih kemenangan dengan selisih waktu 18,7 detik dari Craig Breen (Hyundai Motorsport) yang menempati posisi kedua.

“Ini cukup mengesankan. Kami paham bahwa kami tidak akan pernah menjadi yang tercepat. Namun, kami mampu menjaga kecepatan rata-rata kami cukup tinggi. Berkat itu kami dapat memaksimalkan performa kami. Ini adalah awal yang baik untuk kejuaraan dan mungkin bisa lebih dari yang kami harapkan,” ungkap Ott Tanak.

Baca Juga : Ott Tanak Kecewa Dengan Performa Ford Puma Di WRC Monte Carlo 2023

Thierry Neuville finis ketiga di WRC Swedia 2023

Hasil ini juga mengakhiri puasa kemenangan selama satu musim untuk M-Sport. Sebelumnya, kemenangan diraih bersama Sebastian Loeb. Posisi ketiga diamankan oleh Thierry Neuville (Hyundai Motorsport) dengan gap +20.0 detik.

Para pereli lainnya juga tidak dapat tampil maksimal akibat kerusakan ban dalam beberapa etape secara berturut-turut. Alhasil, Tanak dan para pereli tidak dapat maksimal pada hari Sabtu lalu.

Ott Tanak (kanan) merayakan kemenangan di Swedia

Berikut Klasemen Usai WRC Swedia 2023 :

1.Ott Tanak (M-Sport Ford) 2 jam 25 menit 54 detik

2.Craig Breen (Hyundai Motorsport) +18,7 detik

3.Thierry Neuville (Hyundai Motorsport) +20 detik

4.Kalle Rovanpera (Toyota Gazoo Racing) +25,1 detik

5.Elfyn Evans (Toyota Gazoo Racing) +1:24 detik

6.Pierre-Louis Loubet (M-Sport Ford) +5:59 detik

7.Esapekka Lappi (Hyundai Motorsport) +7:42 detik

8.Oliver Solberg (Toksport) +7:48 detik

9.Ole Christian Veiby (VW Polo GTI) +8:30 detik

10.Sami Pajari (Toksport) +9:03 detik