Hindari Konflik, Begini Cara Menghadapi Rombongan Pesepeda Saat Gunakan Motor

Hindari Konflik, Begini Cara Menghadapi Rombongan Pesepeda Saat Gunakan Motor Rombgongan pesepeda (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Menunggangi sepeda saat Pandemik Covid-19 menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selain berolahraga, kegiatan ini juga untuk hobi dan bersosialisasi dengan sesama. Bahkan, mereka tak jarang bersepeda bersama di jalan raya menuju satu tempat yang ditentukan sesuai kesepakatan.

Kebersamaan mereka menjadi sebuah rombongan dan bergerombol di jalan raya. Terkadang mereka tak lagi berada di pinggir jalan, ke tengah dan dianggap mengganggu pengendara sepeda motor dan mobil. Karena, sepeda adalah kendaraan yang mudah oleng saat berjalan, sistem gowes kaki yang membutuhkan ruang yang lebar di jalan raya.

Baca Juga: Konflik Pesepeda Dan Pemotor, Siapa Yang Salah? Ini Aturannya

Bahkan beberapa waktu lalu ramai di media sosial, foto seorang pengguna sepeda motor yang mengacungkan jari tengah ke arah rombongan pesepeda. Hal itu menimbulkan konflik, dan muncul pro kontra pasca kejadian tersebut.

Pesepda telah diberi jalur khusus di Jakarta



Lalu bagaimana jika Anda mengendarai sepeda motor dan berhadapan dengan rombongan pesepeda? Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu menjelaskan, yang bisa dilakukan saat ada pesepeda bergerombol, tetap tertib berlalu lintas dan berbagi jalan. Meski keberadaan mereka menurut pengendara motor mengganggu, namun Jusri meminta tetap tertib.