POPULAR STORIES

Hong Kong Jadi Pasar Asia Pertama Mitsubishi Fuso ECanter

Hong Kong Jadi Pasar Asia Pertama Mitsubishi Fuso eCanter Fuso eCanter/Foto: MFTBC

KabarOto.com - Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter dikabarkan telah resmi dijual di pasar otomotif Hong Kong. Hal ini, diklaim menjadi peluncuran pertama eCanter generasi baru di luar negeri di pasar Asia, khususnya di luar Jepang.

Melansir keterangan resminya pada Senin (31/1/2024), peluncuran ini merupakan salah satu komitmen Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) dalam memenuhi standar transportasi ramah lingkungan yang semakin berkembang.

Baca Juga: KTB Pastikan, Mitsubishi Fuso eCanter Akan Dijual Tahun Depan

Diekspor langsung dari pabrik MFTBC Kawasaki, Jepang sebagai truk BU (built-up), truk listrik tersebut akan dilengkapi dengan berbagai aplikasi buatan lokal untuk menjawab dan memenuhi beragam kebutuhan bisnis di pasar Hong Kong.

Truk listrik Fuso eCanter akan tersedia dalam 3 model dengan 7 varian, yang dapat dibedakan dari pilihan kapasitas baterai 82,6 kWH hingga 123,9 kWh, serta dengan pilihan bobot kotor kendaraan (GVW) dari 5 ton hingga 8,55 ton.

Truk listrik Fuso eCanter generasi baru/Foto: Daimler Truck

Truk-truk tersebut juga akan dipasangi fitur-fitur canggih seperti Active Side Guard Assist 1.0 dan Active Attention Assist, untuk mendukung keselamatan pengemudi dan pejalan kaki di Hong Kong yang merupakan salah satu kawasan perkotaan terpadat di dunia.

Di pasar Hong Kong yang telah menetapkan peta jalan menuju netralitas karbon sebelum tahun 2050, Fuso eCanter didistribusikan di Hong Kong oleh Universal Cars Limited, sebagai salah satu mitra eksklusif MFTBC sejak tahun 1976.

Baca Juga: Fuso eCanter, Sanggup Tempuh 100 Kilometer Dalam Sekali Pengisian

Karena setiap transportasi diklaim menghasilkan sekitar 20% emisi karbon di kota tersebut, mempopulerkan kendaraan listrik seperti Fuso eCanter dinilai akan meningkatkan dan berkontribusi signifikan terhadap netralitas karbon.

Uji coba Fuso eCanter di Indonesia/Foto: KTB Fuso

Sebagai informasi, truk listrik Fuso eCanter juga telah diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2019 lalu. Hingga saat ini, truk listrik tersebut tengah menjalani serangkaian uji coba yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan bisnis di Indonesia.

Bahkan, dengan meluncurkannya generasi baru Fuso eCanter di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 kemarin, truk listrik tersebut direncanakan juga akan segera dipasarkan atau dijual mulai tahun 2024.

Baca Juga: Truk Listrik Fuso eCanter Uji Coba Operasional Di Bali