Impresi Motor Listrik Gesits

Impresi Motor Listrik Gesits

KabarOto.com - Kendaraan listrik saat ini mulai diminati oleh masyarakat di Indonesia. Pasalnya, jenis kendaraan tersebut dirasa lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM). Tentunya akan membantu mengurangi polusi juga.

Pabrikan otomotif dalam negeri tak mau kalah, PT Wijaya Manufacturing (WIMA) meluncurkan motor listrik Gesits sebagai salah satu pilihan kendaraan roda dua. Walaupun sumber tenaganya listrik, tetapi model sepeda motor ini modern seperti skutik Jepang, loh!

Beberapa waktu lalu KabarOto mengunjungi salah satu showroom Gesits yang ada di Ruko Piazza Mozia, BSD. Saat ini hanya ada satu varian yang ditawarkan dengan tiga pilihan warna yaitu merah, hitam, dan putih. Adapun dimensinya 1.826 mm x 771 mm x 1.131 mm.

Baca Juga: Gesits Siapkan Motor Listrik Model Baru

Tergolong sebagai skutik dengan ukuran yang cukup besar, sepeda motor ini memiliki bobot 120 kg yang mampu menampung berat hingga 150 kg.

Jika berbicara spesifikasi komponennya, motor listrik Gesits sudah dibekali double disk brake, sasis dengan safety joint, swing arm with mono shock, transmisi pulley, dan baterai.

Gesits menggunakan baterai Li NCM 72V, apabila terisi penuh motor listrik ini bisa melaju hingg 50-100 km. Terkait pengisiannya membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari 0 hingga 100%. Cara mengisi dayanya pun mudah, Sobat KabarOto diberi dua pilihan yaitu pengisian langsung dari steker ke motor atau melalui adaptor. Tak perlu khawatir pengisian tersebut hanya membutuhkan daya listrik 450 watt saja.

Baca Juga: NIU Hadir Di Indonesia Pasarkan Dua Sepeda Motor Listrik

Dari bodinya nampak tak ada yang spesial karena bentuknya mirip bodi skutik yang beredar di pasaran. Tetapi, skutik listrik ini dibekali fitur yang cukup mumpuni.

Tampilan instrument cluster Gesits sudah digital, banyak informasi yang bisa dilihat melalui bagian ini seperti kapasitas baterai, speedometer, kondisi kendaraan nyala/mati, mode berkendara, dan lainnya.

Kendaraan listrik identik dengan kedap suara, jadi saat Gesits dinyalakan tak ada suara yang terdengar. Demi keamanan, ada indikator P di instrument cluster. Sobat KabarOto bisa melihat tanda ini, apabila sudah mati tandanya sudah menyala.

Baca Juga: Pilih Motor Listrik Dengan Label SNI Untuk Keselamatan Dan Keamanan

Di sebelah kanan setir ada beberapa tombol seperti starter, mode berkendara, dan R. Tak seperti motor lainnya yang mundur manual dengan bantuan kaki, menggunakan Gesits Sobat KabarOto bisa mundur dengan bantuan penggerak motor listrik dengan menekan tombol R.

Gesits juga menyediakan beberapa mode berkendara yang memengaruhi kecepatan maksimal skutiknya. Mode Eco kecepatan maksimalnya 40 kpj, mode Urban 50-60 kpj, dan Sport 70 kpj.

Sementara itu ada juga tombol di setir sebelah kiri yaitu bluetooth. Yup! Skutik listrik ini bisa terkoneksi dengan bluetooth melalui aplikasi Gesits. Konektivitas ini digunakan untuk mengetahui kondisi sepeda motor listrik lebih lengkap.

Baca Juga: Inilah Wujud Skuter Listrik Pertama BMW Motorrad

Pembelian sepeda motor Gesits hanya dibekali satu buah baterai, namun di jok motornya ada satu ruang lagi yang memungkinkan untuk penggunanya membawa baterai cadangan. Sebagai motor listrik kapasitas bagasi jok motornya cukup minim hanya ada slot untuk baterai dan chargernya.

Di bagasi motornya PT WIMA juga membekali saklar listrik seperti di rumah, jadi lebih aman saat Gesits sedang tak digunakan dalam jangka waktu lama.

Pembelian skutik listrik ini akan mendapat garansi 3 tahun untuk unit dan baterainya. PT WIMA membanderol Gesits Rp 28 juta on the road khusus untuk wilayah Bodetabek dan Jawa Barat. Sementara itu, untuk DKI Jakarta dijual seharga Rp 27,5 juta on the road.