POPULAR STORIES

Indonesia Punya SDA Potensial Untuk Membuat Baterai Kendaraan Listrik

Indonesia Punya SDA Potensial untuk Membuat Baterai Kendaraan Listrik Indonesia fokus kembangkan baterai kendaraan listrik (Foto: Istimewa)Baterai kendaraan listrik

KabarOto.com - Kendaraan listrik tak lepas dari baterai. Baterai Merupakan komponen mobil listrik yang dinilai paling mahal dibanding komponen lainnya. Sementara itu, Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat potensial untuk bisa membuat baterai. Pemerintah pun sudah menggandeng investor asing dan lokal untuk membuat pabrik pembuatan baterai.

Direktur Industri Logam Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian, Budi Susanto mengatakan, pemerintah terus mendorong investasi di sektor pengembangan baterai untuk kendaraan listrik.

Baca Juga: Grab Dorong Mitranya Gunakan Motor Listrik

Investasi ini menurut dia adalah langkah strategis yang dapat membantu mewujudkan Indonesia, sebagai salah satu pemain utama dalam sektor industri kendaraan listrik (electric vehicle).

Baterai mobil listrik (Foto: istimewa)

“Indonesia mampu dalam hal penguasaan teknologi baterai,” terangnya. Dia menambahkan, apalagi Indonesia memiliki sumber bahan baku penyusun baterai lithium seperti nikel, cobalt, mangan, alumunium dan ferrum yang cukup melimpah.

“Itu kunci utama untuk menciptakan keunggulan yang kompetitif, dibandingnegara produsen kendaraan listrik lainnya,” terang Budi.

Sementara itu, Taufiek Bawazier Dirjen ILMATE Kemenperin menyatakan, usia baterai listrik bisa mencapai 10-15 tahun. Dalam arti sepuluh tahun ke depan perlu dipersiapkan fasilitas daur ulang. Untuk memperoleh nilai tambah baru, berupa material di dalamnya seperti lithium, nikel, cobalt, mangan dan copper.

Baca Juga: Tak Perlu Takut Daya Mobil Listrik Habis, Hyundai Sudah Bangun Fasilitas Charging Station

Taufiek menambahkan, penguasaan teknologi recycling perlu dipikirkan mulai sekarang, seperti hydrometalurgi dan juga penggunaan teknologi AI dan robotic. “Termasuk skill baru dalam pemrosesan baterai listrik,” tambahnya.