POPULAR STORIES

Ini Bahayanya Kalau Ukuran Ban Motor Depan Dan Belakang Sama

Ini Bahayanya Kalau Ukuran Ban Motor Depan dan Belakang Sama

KabarOto.com - Ban merupakan karet bundar yang fungsinya sangat penting di sebuah motor. Ban memiliki berbagai macam bentuk, khusus jalan basah, khusus jalan kering, dual purpose alias bisa di jalan basah dan kering, dan juga khusus untuk off-road. Untuk harian, biasanya pemilik motor menggunakan ban yang bisa digunakan di permukaan aspal kering dan juga basah.

Namun, belakangan ini, banyak pengguna motor yang menggunakan ukuran ban sama antara belakang dan juga depan. Untuk motor matik dengan pelek ring 14 inci, mereka menggunakan ban berukuran 80/80 untuk depan dan belakang. Atau menggunakan ukuran 90/80 di belakang dan depan.

Baca Juga: Mizzle Indonesia Sudah Ekspor Ban Ke Asia Sampai Afrika

Lalu apakah apakah ada efeknya menggunakan ukuran ban yang sama di depan dan juga belakang? Freddy Yohannes, Head of Promotion PT Banteng Pratama Rubber (BPR), produsen ban Mizzle di Indonesia mengatakan, ban motor harusnya beda ukuran antara depan dan belakang.

Normal ban untuk matik 80/80 depan dan 80/90 belakang

Karena, ban depan itu fungsinya mempermudah dalam mengendalikan atau manuver," terang Freddy, kepada KabarOto.com. Sementara itu ban belakang harus lebih besar, memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan.

"Kalau ukurannya sama pasti dalam pengendalian motor akan lebih berat, sudah dikendalikan, bahaya," tegas Freddy. "Tidak ada untungnya, buat gaya aja mungkin, biar pelek terlihat padat saja."

Normalnya menurut dia, matik hanya beda satu ukuran saja, misal 80/80 untuk depan dan 80/90 untuk belakang. Bahaya karena motor susah untuk dikendalikan.

Namun beda jika digunakan untuk balapan, baik itu di sirkuit permanen atau dadakan, tidak perlu yg banyak ukuran. "Khususnya buat bebek atau matik ukuran CC kecil."

Baca Juga: Sudah Diproduksi, Mizzle Tunda Perkenalan Ban Khusus Yamaha NMax

Ukuran pelek yang mereka pakai juga standar, 140 untuk depan dan 160 belakang. Maka menurut dia, ukuran ban yang dipakai balap sama yaitu 90/80 (baik ring 14/17). "Ini karena bobot mereka yg sudah cukup untuk ban ukuran segitu," jelasnya.