POPULAR STORIES

Ini Kelebihan E-Platform 3.0 Basis Yang Digunakan BYD

Ini Kelebihan e-Platform 3.0 Basis Yang Digunakan BYD Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Pabrikan mobil biasanya menggunakan platform baru yang dikhususkan untuk mobil listrik, sebab mobil ICE dan listrik punya struktur, hingga titik berat berbeda. Tidak terkecuali BYD dengan e-Platform 3.0, tapi apa kelebihan dari platform ini? Yuk kita bahas.

e-Platform 3.0 ini menggunakan motor listrik 8 in 1, sehingga lebih efisien di mana dalam motor listrik ini sudah termasuk PDU (Power Distribution Unit), DC-DC Converter, OBC (On Board Charger), Motor, Motor Controller, Reducer, VCU (Vehicle Control Unit), dan BMS (Battery Management System) sudah menjadi satu bagian. Ini tidak hanya membuat ruang mesin lebih lega dan ringkas hingga 20%. Namun dapat memangkas bobot hingga 15%.

Lebih lanjut e-Platform 3.0 menggunakan Heat Pump System untuk mendinginkan baterai lebih cepat hingga 20%, dan dapat bekerja dari suhu -30 hingga 60 derajat. Bahkan sistem ini bisa meningkatkan jangkau hingga 20% jika musim ingin, sayangnya di Indonesia tidak ada musim dingin.

Baca Juga : Perbedaan BYD Atto 3 Tipe Advanced Dan Superior

Selain itu platform BYD ini bisa membuat sasis mobil jadi lebih rendah, yang artinya center of gravity lebih di bawah mobil jadi semakin stabil. Jarak sumbu roda pun lebih panjang memberikan efek dinamis bahkan menurunkan hambatan angin 0,29 Cd.

Baca Juga : Ini Alasan BYD Tidak Mau Buru-buru Merilis Harga

Selain itu karena platform ini memungkinkan posisi baterai lebih di bawah sehingga kami saat mencoba khususnya di BYD Atto 3 punya kabin yang terasa lega. Namun saat ditengok di bagian kolong, jarak ground clearance masih cukup jauh sekitar 175 mm.