Intip Biaya Pelat Nomor Cantik

Intip Biaya Pelat Nomor Cantik

KabarOto.com – Saat kita berkendara di jalan, tidak jarang kira melihat pelat nomor suatu kendaraan memiliki nomor unik atau cantik karena mudah sekali untuk diingat (nomor cantik).

Kombinasinya juga beragam, ada yang hanya memiliki 1 angka, 2 angka, atau 3 angka. Biasanya orang yang melakukan hal ini ingin membuat spesial mobilnya tersebut, ada juga yang menurutnya nomor tersebut adalah keberuntungan, lalu mengartikan tanggal lahir sendiri atau orang tercinta. Semua bisa dikombinasikan sesuka hati.

Namun apakah kita bisa memesan kombinasi nomor-nomor tersebut secara gratis saat membeli mobil? Jawabannya tentu tidak, sebab pelat cantik seperti itu, kita harus membelinya. Lalu berapa harga yang harus ditebus untuk sepasang pelat nomor cantik tersebut? Yuk kita bahas.

Baca Juga : Honda NSX Jadi Mobil Favorit Pilihan Pengunjung GIIAS 2019

Perihal pelat nomor cantik atau pilihan juga tertulis dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Jadi sesuai dengan peraturan tersebut, diberlakukan harga yang berbeda-beda tiap Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) sesuai dengan kombinasinya.

Untuk kombinasi paling murah ada pilihan 4 angka, tanpa huruf bagian belakang dihargai sebesar Rp 7,5 juta. Sementara jika terdapat 4 angka dengan 3 huruf belakang seperti normal selayaknya kombinasi pelat biasa namun sesuai keinginan, harganya Rp 5 juta. Misalnya K 4842 OTO maka akan dikenakan Rp 5 juta.

Baca Juga : Deretan Hypercar Yang Rilis Di Tahun 2019

Lalu ada pilihan 3 angka tanpa huruf belakang dengan Rp 10 juta, dan juga 3 angka dengan huruf belakang dikenakan Rp 7,5 juta. Dengan kombinasi ini biasanya kita bisa membuat kata lucu, ataupun tanggal lahir seseorang, misalnya B 154 AJA maka dikenakan Rp 7,5 juta.

Selanjutnya pilihan 2 angka tanpa huruf Rp 15 juta, dan kombinasi 2 angka dengan huruf Rp 10 juta. Kalau kombinasi 2 angka seperti ini, bisa memiliki nomor keberuntungan atau bisa juga menjadi sebuah kata seperti B 19 BOS, dan sebagainya.

Yang paling mahal ada 1 angka saja tanpa huruf dengan harga Rp 20 juta, lalu untuk 1 angka dengan huruf belakang harganya Rp 15 juta. Dengan nomor ini sepertinya mobil akan jauh terlihat eksklusif nih, sebab biasanya nomor 1 digit digunakan oleh pejabat negara seperti presiden dan wakilnya, gubernur, kepala DPRD dan kepala kejaksaan. Tetapi sekarang kita sebagai rakyat biasa bisa membelinya, apa lagi jika dipasang ke mobil kelas premium, pasti cocok deh sob!

Oh iya, tidak ada aturan spesial jika kalian membeli pelat nomor khusus seperti ini yah. Jadi tetap harus mematuhi peraturan lalu lintas dengan baik, serta jangan bertindak arogan kepada pengendara lain saat menggunakan nomor pelat cantik ini yah sob.

Dan juga seperti pada umumnya, masa berlaku nomor cantik ini hanya sampai 5 tahun yah sob! Sehingga saat masa pakainya habis, kalian harus membayarnya lagi untuk memperpanjangnya, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.60 tahun 2016.

Bagaimana sob berminat untuk memaksimalkan eksklusifnya mobil kalian? Bisa tuh pasang pelat nomor cantiknya makin kece sob!

Berikut adalah tabel biaya pajak nomor plat pilihan atau favorit, dan biaya tersebut belum termasuk dengan biaya pajak kendaraan pertahun serta biaya balik nama (jika diperlukan).

Pelat Nomor Biaya
4 Nomor + Huruf Rp 5.000.000,-
4 Nomor Tanpa Huruf Rp 7.500.000,-
3 Nomor + Huruf Rp 7.500.000,-
3 Nomor Tanpa Huruf Rp 10.000.000,-
2 Nomor + Huruf Rp 10.000.000,-
2 Nomor Tanpa Huruf Rp 15.000.000,-
1 Nomor + Huruf Rp 15.000.000,-
1 Nomor Tanpa Huruf Rp 20.000.000,-