POPULAR STORIES

Intip Sejarah Tuner Sangar Untuk Supercar, Novitec Rosso

Intip Sejarah Tuner Sangar untuk Supercar, Novitec Rosso

KabarOto.com - Tuner Novitec Rosso sangat populer di kalangan para penggemar Ferrari. Cabang workshop modifikasi dari Novitec Automobile GmbH ini terfokus pada sejumlah program tuning.

Diklaim, Opsi tersebut membuat setiap konsumen Novitec memiliki kebanggaan dan prestis tersendiri dibanding pengguna supercar lainnya. Konsep modifikasi difokuskan untuk tampilan mobil yang lebih kalem atau mengacu pada tampilan gaya modifikasi proper car.

Adapun Program tuning yang tersedia meliputi komponen aerodinamis fungsional bermaterial serat karbon yang membedakan workshop tuner Novitec dengan tuner lainnya di strata yang sama.

Selain itu peningkatan di komponen Exhaust System, pelek dan fitment, serta komponen suspensi untuk kontak maksimum dengan kontur jalan perkotaan. Program tuning tersebut termasuk dalam paket khusus meningkatkan segi tampilan, konversi mesin dengan presisi tinggi dan handling.

Sedikit menggali sejarah, workshop asal Stetten yang terletak di Kota Munich-Jerman ini digagas seorang Wolfgang Hagedorn. Memiliki latar belakang di dunia otomotif, Wolfgang memutuskan untuk memulai perusahaan tuningnya pada 1989.

Saat itu exhaust system milik Fiat Uno jadi objek modifikasi pertama yang digarap. Tak membutuhkan waktu lama, Wolfgang berkreasi lebih luas untuk mengembangkan konsep khusus mobil Italia. Hingga munculah blueprint turbo kit dan mesin kompresor yang diaplikasikan pada unit Alfa Romeo.

Memasuki pertengahan 2004, Novitec Group mulai menyematkan nama “Rosso” di karya terbaru mereka. Dengan visi yang sama, khusus untuk meningkatkan performa supercar, pengembangan konsep diperluas dengan model tuned pertama pada unit Ferrari Modena 360 twin-Supercharger. Dari spesifikasi mesin bawaan, kinerja mesin ditingkatkan hingga dapat menghasilkan 565 dk, meningkat secara signifikan dari bawaan standar hanya mencapai 400 dk (298 kW).

Baca Juga: Intip Profil Komunitas GT-R Owners Club Indonesia

Wujud Pencapaian Novitec Rosso hingga dikenal secara luas terletak pada variasi produk dan kualitas. Dari mulai
penggantian sejumlah panel eksterior menggunakan serat Carbon Fiber menggantikan panel bawaan berbahan alumunium.

Proyek Novitec Rosso kedua yaitu meningkatkan spesifikasi mesin pada unit Ferrari F430. Novitec telah merilis beberapa versi mobil dengan model 636 dk (474 kW) atau model 707 dk (527 kW).

Pada Essen Motor Show 2007, Novitec Rosso meluncurkan modifikasi untuk Ferrari 599 dan mengumumkan bahwa mereka akan bekerja pada sistem supercharger untuk meningkatkan kinerja mobil dari output tenaga kuda yang sudah substansial 620 dk (462 kW), hingga mendekati 900 dk (671 kW).

Berkaca pada pabrikan supercar Ferrari yang memproduksi kapasitas jantung pacu sekitar 400 atau 500 dk menginspirasi Novitec dalam mengembangkan perangkat bi-compressor untuk Modena 360 dan 599 GTB. Hal ini menjadi feedback bagi Ferrari, 458 Italia standar dapat menyemburkan 570 dk. Bahkan Ferrari F12 berlinetta tenaganya lebih dimaksimalkan mencapai 740 dk.

Program tuning Novitec banyak menyasar di komponen mesin dengan gaya khas supercar Italia, seperti Torado untuk Lamborghini, Tridente untuk Maserati, SPOFEC untuk Rolls-Royce, dan divisi McLaren dengan berbagai tawaran produk-produk tuning serupa. Bahkan yang paling up to date unit kendaraan Tesla juga tersedia paket tuning terbaru, untuk Model 3, Model S dan Model X.