POPULAR STORIES

Jajal Mobil Hybrid Toyota Sepanjang Banyuwangi Hingga Bali, Usir Khawatir Pelanggan  

Jajal Mobil Hybrid Toyota Sepanjang Banyuwangi hingga Bali, Usir Khawatir Pelanggan   Foto: Toyota

KabarOto.com – Sebagai pabrikan dengan varian mobil listrik terbanyak di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengajak jurnalis untuk menjajal berbagai line up mobil HEV (Hybrid Electric Vehicle) dan PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) andalannya, di seputaran Banyuwangi, Jatim hingga Bali.

Total, ada 8 unit mobil elektrifikasi Toyota yang terdiri dari Corolla Altis Hybrid (1 unit), Camry Hybrid (1 unit), Alphard Hybrid (1 unit), C-HR Hybrid (3 unit) dan Prius Plug-In Hybrid (PHEV) (2 unit). Seluruhnya akan menempuh perjalananan sekitar 380 km antara Banyuwangi, Jawa Timur hingga Denpasar, Bali.

Mobil hybrid dipilih Toyota karena dianggap paling ideal dipakai di kondisi Indonesia saat ini. Sebab, mobil hybrid masih memakai mesin motor bakarnya untuk mengisi ulang daya baterai. Jadi tak terlalu tergantung dengan instalasi listrik atau pengisian ulang dari sumber eksternal.

“Jadi pelanggan enggak perlu ragu lagi untuk membeli mobil hyrbid, karena lebih praktis digunakan, lebih nyaman dan aman,” ucap Anton Jimmi Suwandi, Marketing Director PT TAM yang nyusul rombongan di hari kedua.

Belum lagi, sebanyak 332 jaringan sales dan bengkel Toyota di seluruh Indonesia telah siap melayani, sekaligus merawat teknologi mobil hybrid. “Dan ini tidak hanya di bengkel besar saja, tapi termasuk bengkel kecil di daerah, semua punya mekanik ahli untuk merawat mobil HEV Toyota,” yakin Anton lagi.

Baca juga: Test Drive - All New Toyota Camry 2.5 V Dan Hybrid

Sebanyak 332 jaringan bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia siap melayani mobil hybrid

Lepas dari bandara Blimbingsari, Banyuwangi, rombongan jurnalis menuju De Djawatan, kawasan hutan wisata yang menawarkan pemandangan pohon trembesi tua berusia ratusan tahun. Berpadu manis sebagai background foto rombongan mobil hybrid yang modern.

Selesai sesi foto, jurnalis menuju dealer Auto2000 di Jl. Letjen S Parman No.28, kecamatan Banyuwangi, untuk melihat langsung proses dan kesiapan dealer merawat mobil hybrid.

Selama perjalanan, jurnalis bergantian merasakan langsung impresi dan berbagai mode berkendara yang dimiliki mobil hybrid Toyota, mulai dari EV mode alias mobil hanya benar-benar mengandalkan motor listrik sebagai penggerak.

Baca juga: Toyota FJ 40 Paling Beringas Setelah Pakai Mesin V8

Puas menguji seluruh mode berkendara yang tersedia

Eco mode yang tetap mengutamakan motor listrik sebagai penggerak, namun masih dibantu mesin bensin, dan juga Sport mode yang menggabungkan kekuatan 2 mesin penggerak, apabila ingin berakselerasi atau mencari tenaga terbaik di kondisi jalan menanjak.

Seperti apa impresi menyetir Toyota Prius PHEV atau Alphard Hybrid di berbagai kondisi tersebut. Tunggu liputan KabarOto selanjutnya ya.

Baca juga: Test Drive: New Toyota Agya 1.2L TRD S A/T, Terbaru!