POPULAR STORIES

Jokowi Prioritaskan Investasi Untuk Kendaraan Listrik Di Indonesia

Jokowi Prioritaskan Investasi untuk Kendaraan Listrik di Indonesia Mobil listrik buatan Tiongkok (Foto Ilustrasi: KabarOto)

KabarOto.com - Joko Widodo telah melakukan pertemuan dengan para pengusaha asal negeri Tirai Bambu, di Shangri-La Hotel Chengdu, Tiongkok, (28/07/2023). Presiden RI tersebut, mengaku akan prioritaskan investasi kendaraan listrik di Tanah Air.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga sudah bertemu dengan Presiden RRT Xi Jinpin, membahas soal investasi. Orang nomor satu di Tiongkok itu juga sepakat untuk terus mendorong investasi di Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Ingin F1 Digelar Di Indonesia, Mungkin Tahun Depan

"Dan secara khusus, tadi malam saya minta agar yang kawasan industri di Kalimantan Utara diberikan dorongan. Yang kedua, kerja sama dan investasi di Ibu Kota Nusantara juga diberikan dorongan," terang Jokowi, dikutip dari Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Jokowi bertemu dengan pemerintah Tiongkok (Foto: BPMI Setpres)

"Presiden Xi menyampaikan beliau concern dan akan memberikan dorongan ke arah yang saya minta. Di luar itu juga tetap akan didorong semuanya khusus Indonesia, beliau menyampaikan khusus Indonesia," ttambah Jokowi.

Mantan Walikota Solo ini, menyebut, investasi kendaraan listrik menjadi prioritas yang ingin dibangun. "Saya lihat beberapa dari sini juga sudah masuk untuk membangun ekosistem kendaraan listrik yang ingin kita bangun ke depan," tambah Jokowi.

Ia memperkirakan, tahun 2035, produksi untuk mobil bisa di atas 1 juta dan untuk kendaraan 2,4 juta, hitungan sementara.

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Insentif Kendaraan Listrik Diprioritaskan Untuk Roda Dua


"Saya tahu di sini sudah banyak yang masuk. Mungkin bisa menyampaikan kepada rekan yang lain apakah ada kesulitan, apakah ada problem, saya kira bisa disampaikan apa adanya. Kami terbuka untuk investor yang dari Tiongkok," tambahnya.