POPULAR STORIES

Kecelakaan Yang Menimpa Vanessa Angel, Begini Cara Mengemudi Yang Aman

Kecelakaan yang Menimpa Vanessa Angel, Begini Cara Mengemudi yang Aman

KabarOto.com - Kecelakaan yang dialami Vanessa Angel beserta suami dan kerabatnya menyimpan duka yang mendalam. Dari kejadian tersebut, banyak hal yang dapat diambil saat berkendara di jalan tol. Apalagi dengan mobil mewah seharga ratusan juta rupiah, yang dianggap nyaman saat dikendarai dengan kecepatan melebihi maksimal.

Namun beberapa faktor yang harus diperhatikan saat berkendara di jalan tol, dengan jarak tempuh lebih dari ratusan kilometer adalah emosi yang harus stabil. "Ketika berkendara di jalan tol, beberapa faktor harus diperhatikan, di antaranya emosi harus stabil," jelas Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI).

Baca juga: PPKM Darurat Diterapkan, Begini Cara Mengemudi Agar Terhindar Dari Covid-19

Kecelakaan yang mengakibatkan Vanessa Angel meninggal

Saat kondisi tidak emosiaonal, atau stabil, pengemudi bisa melakukan berbagai aktivitas yang masuk ke dalam akal sehat. "Akal sehat, seperti kecepatan sesuai dengan penumpang yang dibawa," terangnya.

Maksudnya, ketika ada anak kecil di kabin, kecepatan ideal 60 sampai 80 kpj. "Anak kecil wajib duduk di children seat, semua penumpang harus menggunakan safety belt, sekalipun cape tidur harus duduk," tambah Sonny kepada KabarOto.

Saat tubuh mulai letih Sonny mengharuskan untuk istirahat 2,5 sampai 3 jam. "Journey manajemen penting, agar resiko kecelakaan dapat ditahan," terangnya. Saat sudah mengatur jadwal istirahat, lakukan pemanasan atau aktivitas yang mamu memperlancar peredaran darah.

Meski jalan tol kosong, tidak ada kendaraan lain, namun kecepatan harus disesuaikan dengan regulasi yang ditentukan. "Jalan kosong bukan berarti itu aman, yang menentukan seseorang pengemudi aman atau tidak adalah akal sehat," tambahnya.

Baca juga: Tips Mengemudi Go Green, Ini Yang Dilakukan Daihatsu Bagi Pengendara Mobilnya

Jadi sebelum menutup perbincangan, menurut Sonny, sehebat apapun kendaraannya, dan semahal apapun, kalau dikemudikan dengan tidak menggunakan akal sehat, kecelakaan akan selalu mengintai kita.