POPULAR STORIES

Lalui Jalan Bergelombang Tol Layang Japek II, Ketahui Efeknya Untuk Kaki-kaki

Lalui Jalan Bergelombang Tol Layang Japek II, Ketahui Efeknya untuk Kaki-kaki Tol Japek II Elevated (Foto: KO)

KabarOto.com - Jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) II sepanjang 36,4 km pada hari Kamis lalu (12/12) diresmikan. Pada hari Minggu pagi (15/12) pukul 06.00 WIB masyarakat sudah diizinkan untuk melewatinya. Tim KabarOto saat itu juga tak kehilangan momen untuk mencoba langsung sensasi berkendara di jalan tol layang.

Jalan Tol Japek II juga diperbincangkan memiliki struktur bergelombang. Jadi, Sobat KabarOto harus memperhatikan komponen mobil agar selalu terjaga keamanannya. Bagian kaki-kaki menjadi hal penting yang harus diwaspadai.

Baca Juga: Ini Yang Harus Diperhatikan Di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II

Jalan Bergelombang Tol Layang Japek II

Hermas Efendi Prabowo, Diagnostic & Repair Specialist Worner Matic memberikan penjelasan, terkait efek yang akan ditimbulkan kaki-kaki akibat melintasi jalan bergelombang di Jalan Tol Japek II. Pasalnya bagian ini akan langsung merasakan 'sensasi' melalui lintasan tersebut.

"Yang utama tentu pada area kaki-kaki mobil. Melintasi jalanan bergelombang membuat komponen kaki-kaki bekerja lebih keras," jelasnya.

1. Ban

Jalan tol layang yang bergelombang membuat permukaan ban menapak tidak rata. Sehingga, ban akan menerima efek dari beban yang tidak terdistribusi sempurna. Apalagi kalau roda sampai spin.

Efek Jalan Bergelombang untuk Kaki-Kaki

2. Suspensi

Pegas suspensi saat melintas jalan bergelombang bekerja keras. Begitu juga dengan peredam kejut. Efek dari rentang ayun yang lebar cenderung tidak stabil.

Disini karet pendukung shock absorber juga bekerja ekstra, sehingga menimbulkan cepat aus.

3. As Roda

Nah, bagi Sobat KabarOto pemilik mobil penggerak roda depan (FWD) maupun penggerak seluruh roda (AWD) perlu waspada nih.

Baca Juga: Bengkel Spesial Kaki-kaki Mobil Ini Dari Pagi Sudah Didatangi Pelanggan

Bagian as roda terdapat inner constant velocity (CV) joint yang menghubungkan as dengan diferensial di girbok matic. Melalui jalan bergelombang membuat innver cv joint bekerja lebih berat, begitupun outer cv. Sehingga, pelindung karet inner dan outer cv joint (boot) juga bisa mudah rusak.

4. Control Arm

Bagian ini, karet bushing control arm dan ball joint dimungkinkan cepat aus dan rusak akibat jalan bergelombang. Akibatnya, ball joint pada lower control arm dan upper control arm keduanya akan mudah aus.

Jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) II

Hati-hati Sob, kalau bushing control arm sampai rusak, sudut tapak roda tidak tegak lurus akan sedikit bergeser. Sehingga bisa memicu roda makan sebelah.

5. T Rod

Melalui jalan yang tidak rata, T Rod End pada kaki-kaki juga bekerja keras untuk menahan kendali roda tetap stabil.