Max Verstappen Dan Sergio Perez Kompak Bawa Honda NSX Generasi Pertama

Max Verstappen dan Sergio Perez Kompak Bawa Honda NSX Generasi Pertama

KabarOto.com – Walau dua pembalap Red Bull Racing tidak meraih poin di F1 Inggris kemarin. Namun ada suatu hal menarik nih, kendaraan yang mereka bawa saat ke Sirkuit Silverstone. Yakni Honda NSX, namun bukan generasi baru, melainkan generasi pertamanya.

Honda NSX telah menjadi salah satu ikon Sport JDM yang khas dari Honda selain Integra, dan Civic Type R. Sekaligus jadi pesaing dari sport JDM merek lain seperti Toyota Supra, Nissan Skyline GT-R, Mitsubishi Lancer Evolution dan sebagainya.

Baca juga: Hasil F1 GP Inggris 2021, Lewis Hamilton Catat Kemenangan Kedelapan

Max Verstappen mengendarai Honda NSX Facelift dengan balutan warna orange, sedangkan Sergio Perez memakai NSX warna merah sebelum facelift. Dengan bodi NA diproduksi dari 1990 – 2005, dibekali mesin all-aluminium V6 VTEC berkapasitas 3.000 cc yang hasilkan tenaga 270 dk dan torsi 285 Nm. Dengan 2 pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis SportShift 4-percepatan.

Kehadiran Honda NSX berawal dari konsep HP-X, garapan tim yang dipimpin oleh Masahito Nakano dan Shigeru Uehara, targetnya membuat sportscar yang bisa menyaingi Ferrari 328 dan 348, namun lebih superior dengan harga terjangkau.

Baca juga: Perjalanan 30 Tahun Honda NSX

Desain Honda NSX terinspirasi dari jet tempur F-16. Bisa dilihat dari penempatan posisi pengemudi di bagian demi visibilitas lebih luas, serta desain ekor lebih panjang bertujuan agar mobil lebih stabil pada kecepatan tinggi.

Pembalap Honda juga terlibat dalam pengembangan NSX. Mulai dari pembalap Jepang saat itu, Satoru Nakajima dan legenda juara dunia tiga kali F1, Ayrton Senna pun turun tangan memberi masukan.

Akhirnya proyek serius yang telah melalui lima tahun fase pengembangan itu lahir. Honda NSX diperkenalkan di Chicago Motor Show, dan Tokyo Motor Show 1989. Serta baru pada Agustus 1990 mobil itu dijual di Jepang, sementara pasar Amerika dan Hongkong diwakili memakai nama Acura NSX.