POPULAR STORIES

Mengenal Fitur Pintar VDS Pada Truk Volvo, Bisa Pakai Remote Control

Mengenal Fitur Pintar VDS Pada Truk Volvo, Bisa Pakai Remote Control Truk Heavy Duty Volvo FH16 750/Foto: Volvo Trucks

KabarOto.com - Mengendarai sebuah kendaraan besar seperti truk yang memiliki bobot dalam hitungan ton, tentu bukanlah hal yang mudah. Terlebih saat melintasi jalur-jalur ekstrim seperti area pertambangan.

Namun, tidak bagi Volvo Trucks. Di mana, salah satu produsen truk terkemuka di dunia ini telah menciptakan inovasi teknologi canggih, disebut Volvo Dynamic Steering (VDS) yang memudahkan pengemudi serta membuat kontrol kemudi truk yang jauh lebih ringan.

Baca Juga: Eksistensi Truk Volvo FH Selama 30 Tahun, Dominasi 80 Pasar Di Seluruh Dunia

Volvo Dynamic Steering ini merupakan fitur canggih yang mengkombinasikan power steering hidrolik, konvensional dengan motor listrik yang diatur secara elektronik pada tombol yang terdapat pada roda kemudi atau stir.

Fitur ini diklaim mampu mengurangi tenaga yang dibutuhkan dalam mengemudi, hingga 85% serta dapat meredam hentakan keras pada jalur-jalur yang tidak rata dan saat melakukan pengereman. Dengan adanya fitur ini, kontrol kemudi truk pun menjadi lebih presisi dan aman.

Volvo FH16 750/Foto: Volvo Trucks
Mekanisme fitur VDS pada truk Volvo/Foto: Volvo Trucks

Menurut Carl Johan Almqvist, Direktur Keselamatan Lalu Lintas dan Produk di Volvo Trucks, fitur Volvo Dynamic Steering pada Volvo ini telah berevolusi, untuk menjawab dan mewujudkan kebutuhan pelanggan akan tingkat keamanan dan keselamtan yang mumpuni.

“Sekarang kami membangun kesuksesan kami lebih lanjut dengan fungsi baru yang membantu membuat lingkungan lalu lintas bahkan lebih aman,” tutur Johan mengutip keterangan resmi Volvo Trucks pada Selasa (30/01/2024).

Baca Juga: Intip Kecanggihan Sasis Bus Scania K410CB 6x2

Dengan memproses masukan dari beberapa sensor, sistem pada fitur VDS ini akan mengetahui ke mana truk akan dikendalikan dengan respon 2.000 kali, setiap detik untuk mengevaluasi setiap gerakan kemudi yang mendadak bahkan tidak disengaja.

Selain itu, pada saat dalam kecepatan tinggi, fitur VDS ini memberikan tingkat kestabilan yang tinggi sehingga akan tetap berada pada jalurnya. Bahkan, saat bermanuver seperti tikungan tajam, fitur VDS akan membantu mengembalikan roda ke posisi netral secara otomatis.

Fitur remote control truk Volvo/Foto: Volvo Trucks

Fitur canggih yang dikembangkan oleh pabrikan truk asal Swedia ini juga didukung dengan sistem Stability Assist. Dimana, jika truk selip, fitur ini akan membantu memberikan bantuan roda kemudi yang ringan, sehingga truk dapat diarahkan dan menstabilkan posisinya saat diperjalanan.

Sementara itu, fitur VDS ini juga turut dilengkapi dengan fitr Lane Keeping Assist yang hadir untuk membantu saat truk telah mendekati marka jalan. Secara aktif, fitur ini akan membantu mengembalikan ke tengah jalur lintasan operasional.

Baca Juga: Pengemudi Truk, Lakukan Ini Agar Terhindar Dari Rem Blong

Menariknya lagi, dengan fitur ini, para pengemudi dapat mengoperasikan truk miliknya melalui fitur remote control. Dimana, saat truk berada di posisi yang tidak memungkinkan, pengemudi dapat turun terlebih dahulu dan menggerakan truk dari kejauhan dengan remote yang disediakan.

Inovasi teknologi canggih ini sebelumnya telah diperkenalkan oleh Volvo Trucks sejak tahun 2018 lalu. Meski awalnya hanya untuk truk di area pertambangan, fitur VDS ini kini sudah menjadi fitur standar di seluruh jajaran truk Volvo seperti Volvo FH16 hingga Volvo FMX.

Berita Terkait

Berita Terkait