POPULAR STORIES

Mobil Sudah Coating Aman Dicuci Air Bertekanan? Begini Jawabannya

Mobil Sudah Coating Aman Dicuci Air Bertekanan? Begini Jawabannya Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Mobil yang sudah dilapisi nano ceramic coating biasanya sudah terlindungi, setidaknya debu, dan kotoran tidak mudah menempel. Namun karena sifatnya yang berbentuk cairan, apakah aman jika dicuci menggunakan air bertekanan, atau coating akan hilang?

Nano ceramic coating umumnya akan berbentuk cairan bening, dan cairan itu akan mengeras, sehingga menutup pori-pori cat. Oleh karena itu, jika mobil telah dicoating, efeknya jadi seperti daun talas, dan menyamarkan baret halus.

Mobil sudah di-coating lebih kilap.

Lalu apakah lapisan coating akan habis jika dicuci menggunakan air bertekanan? Apabila coatingnya berkualitas bagus tentu tidak akan mengelupas. Hal yang bisa mengikis lapisan coating adalah saat mobil menabrak, dan cat terangkat, diamplas, dan dipoles menggunakan compound untuk cutting.

Baca Juga : Mobil Tidak Dipakai Lama Harus Ganti Oli? Begini Jawabannya

"Coating tidak akan terkikis jika hanya dicuci dengan air bertekanan, coating hanya hilang jika kendaraan itu misalnya insiden dan cat terangkat, lalu mobil diamplas, atau dipoles menggunakan compound abrasif atau biasanya disebut cutting," ujar Dimas Aji Charaka, Selaku Area Manager Scuto Indonesia.

Baca Juga : Mesin Ngelitik Bisa Karena Isi BBM Oktan Terlalu Rendah Tuh Sob!

Bila mobil digunakan secara aman dalam artian tidak menabrak atau lecet, tidak diparkir di tempat terbuka, lalu dicuci dengan metode benar menggunakan sabun, maka coating akan sangat awet, hingga 5 tahun lebih efeknya masih bagus.