POPULAR STORIES

Modifikasi BMW E30 Cangkok Mesin 2JZ

Modifikasi BMW E30 Cangkok Mesin 2JZ Sumber : speedhunters.com

KabarOto.com – BMW E30 memang memiliki desain body mengotak, tetapi hal tersebut juga terkesan timeless walau kita melihatnya di zaman sekarang, tidak kalah dengan model mobil-mobil sekarang yang banyak memiliki lekukan agresif.

Tidak jarang, bahkan banyak yang menjadikan mobil ini sebagai bahan modifikasi berbagai aliran, tidak hanya tema elegan, namun tema racing juga masuk pada E30. Biasanya orang-orang membuatnya terlihat kinclong dengan pelek mahal, atau bahkan air suspension agar mobil masih bisa digunakan sehari-hari dan terlihat keren.

Namun hal tersebut berbeda dengan Dylan Elbert, yang memodifikasi E30 miliknya menjadi jet darat khusus untuk melibas lawan-lawannya di track balap lurus drag race.

Baca Juga : Keren! Toyota C-HR Modifikasi Total Sob!

Untuk bagian eksteriornya, Dylan masih mempertahankan bentuk aslinya, namun terdapat beberapa penyesuaian karena modifikasi yang dilakukan. Misalnya saja, kap mesin harus rela dibuat lubang demi memberi ruang lega untuk turbocharger mengambil udara, lalu bagian bumper dibuat lubang baru agar suplai angin lebih banyak masuk ke intercooler, dan fender samping juga tidak luput jadi korban demi jalan keluar pipa exhaust. Selain itu ditambahkan juga spoiler drag race ukuran cukup besar demi mengalirkan angin lebih lancar.

Yang spesial pada mobil ini tentunya ada pada mesinnya, berpindah identitas dari mesin Eropa ke mesin Jepang yang terkenal kencang yakni 2JZ-GTE. Namun tidak dibiarkan dalam keadaan standar, disokong lagi oleh bantuan turbocharger garapan Holset HX60, dan Nitrous Oxide System atau dikenal NOS untuk mendapat akeselerasi instan.

Baca Juga : Lady Driver Dengan Godzilla Kesayangannya, Sangar Sob!

Tidak ada penggantian apapun pada internal mesin ini, tetapi exhaust sudah dicustom agar keluar dari sisi fender. Lalu mesin berturbo tentu membutuhkan bahan bakar lebih, oleh karena itu ada 6 buah injector Bosch 2.200 cc, 2 buah Bosch 044 fuel pump, dan Aeromotive fuel pressure regulator demi lancarnya suplai bahan bakar melimpah.

Kelengkapan lainnya seperti selang sudah menggunakan bahan braided dan sambungan FTF Fittings, lalu untuk mengatur tekanan boost turbo diatur oleh GFB wastegate. Dan semua kinerja mesin ini diatur oleh otak dari Haltech Platinum Sport 2000.

Baca Juga : BMW Z3 Ini Hasil Karya Modifikasi Planet Bekasi

Asyiknya lagi, biasanya untuk mobil balap orang-orang menggunakan transmisi manual agar lebih cepat berpindah gigi, namun Dylan malah menggunakan transmisi matik dari TH350 automatic. Hasilnya, tenaga dari E30 ini mencapai angka 685 dk loh, gokil sob!

Dari sektor kaki-kaki, menggunakan pelek beurukuran 15 inci dengan lebar 7.5 garapan Lenso Prostreet-PZRs yang dibalut oleh ban ukuran belang Weld Racing Draglites 195/45 R15 depan, dan Mickey Thompson ET Drag 28.0/10.5-15W untuk bagian belakang. Untuk suspensinya menggunakan coilover dan penambahan link stabil 4 titik agar mobil stabil saat dipacu kencang.

Mobil balap tentunya ementingkan keselamatan juga, oleh karena itu untuk bagian interior sudah diaplikasikan roll cage, jok balap dari Sparco EVO GRP Tech, dan harness 5 titik G-Force Pro Series sehingga badan pembalap tertompang dengan baik.

Kelengkapan lain adalah stir sudah diganti model racing, adapula shift light yang memberi tanda pergantian gigi, dan AEM gauges yang memonitor boost pressure, oil temperature, dan air/fuel ratio. Hal yang tidak diperlukan juga ditinggalkan seperti karpet, door panel, hingga plafon semua sudah tidak ada demi memangkas bobot mobil.