POPULAR STORIES

Moeldoko Ungkap Alasan Implementasi Insentif Kendaraan Listrik Lambat

Moeldoko Ungkap Alasan Implementasi Insentif Kendaraan Listrik Lambat Ilustrasi: Motor listrik United E-Motor mendapatkan insentif motor listrik (KabarOto)

KabarOto.com - Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) menyatakan bahwa salah satu alasan implementasi insentif pembelian kendaraan listrik terkesan lambat adalah karena tak semua orang bisa mendapatkannya.

"{Insentif kendaraan listrik) itu tidak bisa dinikmati semuanya, sehingga itu penyebab (implementasi insentif kendaraan listrik) lambat," kata Moeldoko usai pembukaan PEVS 2023 di JIExpo Kemayoran, Rabu (17/5).

Baca Juga : Ketum IMI Ingin Konversi Motor Bensin Ke Listrik Ada Suaranya

Belum lagi adanya potensi restitusi yang ujungnya akan memberatkan produsen maupun dealer saat pemberian subsidi kendaraan listrik.

"Nah dikhawatirkan dengan restitusi setahun baru dibayar pemerintah, maka itu akan menjadi beban bagi diler-diler," kata dia.

Ketua Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Moeldoko (KabarOto)

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) itu berharap agar restitusi tidak terlalu memakan waktu, atau paling tidak berjalan satu hingga dua bulan. Sehingga, kebijakan tersebut tidak menyulitkan siapapun, termasuk industri yang terlibat di dalamnya.

Baca : Daftar 21 Bengkel Konversi Motor Listrik Tersertifikasi Kemenhub

"Untuk itu kita tunggu saja kebijakan pemerintah berikutnya, kalau payung hukumnya sudah ada dari Kepmen Keuangan bagaimana mensiasati agar lebih meringankan, lebih simpel dan sederhana sehingga tidak menyulitkan siapapun," jelas Moeldoko.