POPULAR STORIES

Pemerintah Evaluasi Kebijakan Pemberian Bantuan Pembelian Motor Listrik

Pemerintah Evaluasi Kebijakan Pemberian Bantuan Pembelian Motor Listrik Volta 401 (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Pemerintah bakal melakukan evaluasi terkait pemberian bantuan pembelian motor listrik. Hal ini dilakukan pemerintah lantaran masih rendahnya penyaluran program tersebut sejak diluncurkan pada Maret 2023.

Evaluasi dilakukan di semua sisi, mulai dari kebijakan, harga, skema hingga pola distribusinya. Evaluasi diharapkan bisa diterapkan untuk kebijakan tersebut pada tahun ini.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Sepeda Motor Listrik Alva Cervo

"Evaluasi pasti akan dilakukan agar program bantuan pemerintah ini bisa terlaksana,” ujar Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita.

Agus tak menyebut kapan evaluasi bantuan pembelian kendaraan lsitrik dilakukan dan kapan evaluasi itu juga akan rampung.

Ilustrasi: Exotic Vito



Yang pasti, ia menegaskan bahwa program bantuan pembelian kendaraan listrik dilakukan sebagai upaya mendorong penguatan industri kendaraan listrik di dalam negeri.

Oleh karena itu, para produsen harus bisa menikmati manfaat dari kebijakan tersebut. Salah satunya adalah terkait dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) minimal 40 persen.

Baca Juga: Motor Listrik BMW CE 02 Resmi Meluncur, Cocok Untuk Di Perkotaan

“Mereka, produsen yang menikmati manfaat bantuan pemerintah ini, dia harus memiliki minimal tertentu kriteria yaitu 40 persen produk motornya itu harus memiliki TKDN. Jadi kami tetap mendorong supaya ada penguatan struktur industrinya,” tuturnya.