POPULAR STORIES

Penggantian Warna Pelat Nomor Mendukung Kebijakan Tilang Elektronik

Penggantian Warna Pelat Nomor Mendukung Kebijakan Tilang Elektronik Pelat nomor baru rencananya akan disosialisasikan pada tahun 2022

KabarOto.com - Polri akan mengubah pelat nomor kendaraan, semula warna dasar hitam dengan huruf dan angka berwarna putih. Nantinya, akan diganti, warna dasar putih dan tulisan hitam. Hal ini, untuk mendukung program tilang elektronik menggunakan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Hal itu dikatakan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. Dia menyebutkan, ubahan warna pelat nomor kendaraan dilakukan secara bertahap mulai tahun 2022 ini.

Baca Juga: Polri Akan Tanam Chip Di Pelat Nomor Kendaraan, Ini Fungsinya

“Ini untuk mendukung pelaksanaan efektivitas ETLE,” terang Ramadhan di Mabes Polri, Senin (24/1/2022). Dia mengatakan, pelat dengan dasar warna putih bertulisan hitam akan lebih mudah terbaca oleh kamera. Ini dinilai efektif dalam mendukung ELTE.

“Alasannya, pelat dengan dasar putih tulisan hitam itu lebih gampang terbaca oleh kamera,” terangnya. untuk ETLE sendiri, Polri sudah menerapkan inovasi tilang secara elektronik yang menggunakan CCTV atau ETLE dengan 12.004 CCTV 253 titik yang ada di 12 polda.

Selama penerapan tilang elektronik, di sepanjang tahun 2021 ada 136.408 pelanggar, 49,36% atau 78.616 pelanggar sudah melakukan pembayaran sebesar Rp 42,82 miliar. Pembayaran tilang elektronik ini sangat berkontribusi untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Di kesempatan yang berbeda, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, mengatakan, tilang berbasis elektronik akan ini akan mengurangi interaksi antara petugas dengan masyarakat. Hal itu untuk mengantisipasi penyimpangan yang dilakukan oleh petugas.

Baca Juga: Pelat Nomor Kendaraan Listrik Diberi Warna Biru, Ini Alasannya

Tilang elektronik ini juga menjadi cara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sistem ini juga dinilai untuk membentuk budaya dan kesadaran patuh berlalu lintas, sehingga pengguna jalan lebih tertib dan disiplin, meski tidak ada yang mengawasi.