POPULAR STORIES

Perlu Diperhatikan, Ini Cara Memilih Sarung Tangan Untuk Kendarai Motor

Perlu Diperhatikan, Ini Cara Memilih Sarung Tangan untuk Kendarai Motor Sarung tangan model half (Foto: kabarOto)

KabarOto.com - Sarung tangan merupakan salah satu perlengkapan berkendara motor yang wajib digunakan. Perlu, karena melindungi tangan dari sengatan sinar matahari, juga benturan atau gesekan benda lain. Perlu diperhatikan cara memilih sarung tangan untuk digunakan.

Agus Sani, instruktur safet riding Wahana Makmur Sejati mengatakan, sarung tangan model half atau setengah biasanya digunakanuntuk harian. Namun tidak bisa melindungi bagian jari-jari, hanya bagian telapak dan punggun tangan. Sarung tangan model half sangat berbahaya, apabila digunakan dalam kecepatan tinggi. Jika terjatuh atau ada benda lain yang mengenai tangan, jari-jari akan terluka.

Baca Juga: Tips Berkendara Motor Aman Di Jalan Rusak

Berbeda dengan sarung tangan model full, akan melindungi keseluruhan jari tangan dan bisa mencegah jari terluka akibat tergesek aspal saat terjadinya kecelakaan. Yang perlu diperhatikan dalam meilih sarung tangan adalah tidak hanya faktor model saja, melainkan juga faktor lain seperti fitur atau bahan dari sarung tangan yang digunakan.

Berikut cara memilih sarung tangan

Sesuai Dengan Budget
Cara memilih sarung tangan motor yang pertama, adalah sesuaikan dengan budget tersedia. Jangan terlalu memaksakan untuk membeli sarung tangan dengan harga yang mahal.

Saat ini sudah banyak sarung tangan motor yang terjangkau dengan kualitas sangat baik, bahkan beberapa di antara merek yang memproduksinya sudah melakukan ekspor produk mereka ke luar negeri.

Model yang Tepat
Sebenarnya, soal model sangat tergantung, namun yang perlu diingat, model sarung tangan harus disesuaikan dengan motor yang akan dikendarai.

Sarung tangan model half akan terasa tidak gerah ketika digunakan, beda halnya dengan model full yang akan membuat tangan cepat berkeringat saat digunakan dalam waktu lama.

Tapi, keunggulan dari sarung tangan model full adalah akan melindungi tangan Anda lebih baik. Hal ini sangat penting apabila Anda mengendarai motor berjenis sport atau motor dengan kapastias mesin besar. Tentu tidak ada yang ingin celaka di jalan, namun setidaknya model sarung tangan ini bisa menekan risiko cedera apabila menggunakan jenis sarung tangan full.