POPULAR STORIES

Profil Mercedes-Benz Axor 2528 R M-Cab 6x4

Profil Mercedes-Benz Axor 2528 R M-Cab 6x4 Mercedes-Benz Axor 2528 R M-Cab 6x4 (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Mercedes-Benz Axor 2528 R M-Cab 6x4 merupakan salah satu model truk terbaru PT Daimler Commercial Vehicles Indonesa (DCVI) sebagai bentuk dukungannya terhadap industri logistik yang dinilai terus berkembang pesat.

Truk Mercedes-Benz Axor M-Cab ini merupakan salah satu dari jajaran truk Axor model Rigid yang kini mendapat pengembangan berupa dimensi kabin yang lebih panjang hingga 1.010 mm sebagai tambahan ruang di belakang kursi pengemudi.

Baca Juga: Mercedes-Benz Actros 2636 LS 6x4, Intip Keunggulannya

Ruangan di belakang kursi pengemudi tersebut dialokasikan sebagai ruang istirahat pengemudi, sehingga pengemudi dapat lebih mudah dan nyaman ketika beristirahat serta memberikan efisiensi waktu dalam pengiriman jarak jauh.

Dengan adanya ruangan tersebut, Mercedes-Benz Axor M-Cab sangat cocok untuk operasional logistik jarak jauh, karena dapat membawa dua sopir untuk berkendara secara bergantian tanpa harus berhenti beristirahat.

Kabin truk Axor M-Cab (Foto: KabarOto)

Tak hanya pada bagian kabin, truk Mercedes-Benz Axor M-Cab ini juga dikembangkan dengan dibekali tangki bahan bakar minyak (BBM) yang besar berkapasitas 380 liter sehingga diklaim menjadi truk dengan tangki BBM terbesar dikelasnya.

“Ini tangki BBM terbesar dikelasnya yang berkapasitas 380 liter, sehingga pelanggan tak perlu lagi sering-sering melipir ke POM bensin, terutama saat pengiriman jarak jauh" ucap Dharmawan Edy Susanto, VPC CBU Sales Operation DCVI saat ditemui, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Truk Mercedes-Benz Arocs 4845K 8x4 Euro 5

Meski mendapat berbagai penambahan, truk yang hadir dengan varian konfigurasi penggerak roda 6×4 ini masih mempertahankan teknologi yang sama seperti model pendahulunya yang dirilis pada tahun 2022 lalu.

Salah satu yang masih dipertahankan adalah mesin diesel OM 906 LA, 6-silinder yang sangguh menghasilkan tenaga sebesar 281 dk di putaran 2.200 rpm dan torsi puncak 1.120 Nm di putaran 1.200-1.600 rpm dengan transmisi manual G131 9-percepatan.

Mesin dan tangki BBM Axor M-Cab (Foto: KabarOto)

Mesin berstandar emisi Euro 4 tersebut juga tetap dilengkapi dengan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) dan Zero Pressure Drain Unit Pump (ZPD Pump), yang merupakan kombinasi yang cocok untuk mengurangi kadar emisi gas buang.

Kombinasi dua teknologi ini juga diklaim dapat memberikan waktu operasi (uptime) yang tinggi dengan interval perawatan yang lebih panjang hingga 50.000 km, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan tentunya emisi yang lebih bersih.

Baca Juga: DCVI Himbau Modifikasi Truk Dan Bus, Wajib Perhatikan Faktor Keselamatan

secara keseluruhan, truk ini memiliki dimensi panjang total 12.000 mm, lebar 2.490 mm, tinggi 3.100 mm serta memiliki wheelbase sebesar 5.700 mm, ground clearance 300 mm dan radius putar yang mencapai 11.975 mm.

Sementara itu, salah satu keunggulan yang dimiliki truk Axor M-Cab ini adalah kemampuan menanjak yang berada di angka 57% (crawler) dengan berat total mencapai 26.500 kg (26,5 ton) dan mampu melaju dengan kecepatan maksimum hingga 90 kpj.

Dimensi truk Axor M-Cab (Foto: KabarOto)

Truk ini juga sudah dilengkapi fitur-fitur baru seperti suspensi depan jenis parabolic lengkap dengan shock absorber dan stabilizer. Sedangkan suspensi belakang menggunakan jenis semi-eliptic tandem bogie lengkap juga dengan shock absorber dan stabilizernya.

Untuk meningkatkan faktor keamanan, truk ini juga dibekali dengan rem utama full-air, dual circuit, s-cam, ABS untuk mencegah kendaraan mengunci roda ketika pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Baca Juga: Daimler Bangun Pabrik Baru Truk Dan Bus Mercedes-Benz Di Cikarang