POPULAR STORIES

Profil Motor Balap Marc Marquez, Honda RC213V Di IIMS 2023

Profil Motor Balap Marc Marquez, Honda RC213V di IIMS 2023 Kipli

KabarOto.com - Ajang IIMS 2023 juga menampilkan deretan kendaraan unik, seperti motor balap berspesifikasi MotoGP milik Marc Marquez, yakni RC213V.

Motor tersebut dipajang oleh Astra Honda Motor di booth khusus. Sobat tetap dapat berfoto bersama motor itu dari jarak dekat. Nah, seperti apa spesifikasinya?

Tenaga puncak Honda RC213V MotoGP diklaim lebih dari 241 dk, namun sengaja dirahasiakan untuk kepentingan rivalitas di lintasan balap.

Modifikasi dari tim Honda Racing Corporation dilakukan dengan berbagai cara, untuk meningkatkan keseimbangan antara tikungan dan stabilitas trek lurus.

Baca Juga: Profil Honda EM1 E: Yang Mejeng Di IIMS 2023

Sasisnya menggunakan aluminum twin-spar yang ringan, namun memberikan karakteristik kaku dan memaksimalkan transfer tenaga dari mesin ke roda belakang.

Selain kekuatan, rangka punya fleksibilitas yang dikalibrasi dengan sangat cermat, untuk memaksimalkan cengkeraman ban.

Mesinnya memiliki konfigurasi piston V4 DOHC 16 klep berpendingin cairan, dan memiliki kapasitas 1.000 cc. Hanya 7 mesin yang diizinkan untuk digunakan sepanjang balap 1 musim atau 1 tahun.

Baca Juga: Dibanderol Nyaris Rp80 Juta, Ini Profil Dan Spesifikasi Honda CRF250L 2023

Urusan suspensi, HRC mempercayakan merek Ohlins sebagai peredam kejut, dipasang ke bagian depan dan belakang Honda RC213V. Mereka juga punya teknisi Ohlins khusus, bertugas menyeting suspensi.

Bodywork MotoGP kini menggunakan winglet demi downforce yang baik. Setiap pergantian musim balap, lazimnya bodywork, mengalami ubahan untuk kepentingan riset.

Ban MotoGP dipasok secara eksklusif oleh Michelin. Sedangkan pengeremannya menggunakan material serat karbon dari pabrikan Brembo, diklaim terbaik hingga saat ini. Dalam kondisi tertentu, saluran pendingin terkadang ditambahkan untuk membantu mengatur suhu rem.