Sajikan Beragam Kendaraan Listrik, Toyota Juga Beri Edukasi Masyarakat

Sajikan Beragam Kendaraan Listrik, Toyota juga Beri Edukasi Masyarakat

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu digelar Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 untuk pertama kalinya. Menyajikan beragam kendaraan listrik dari berbagai merek otomotif.

Hal tersebut sejalan dengan Pemerintah Indonesia telah menetapkan industri otomotif sebagai salah satu sektor andalan dalam roadmap Making Indonesia 4.0.

Salah satu merek otomotif asal Jepang, Toyota tentunya tak mau ketinggalan momen ini. Toyota memiliki ragam pilihan kendaraan teknologi elektrifikasi dengan menampilkan 4 mobil selama IEMS 2019, yaitu C-HR Hybrid Electric Vehicle (HEV), Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), i-ROAD Battery Electric Vehicle (BEV), dan Mirai Fuel-Cell Electric Vehicle (FCEV).

Baca Juga: Bocoran Tampilan All New Toyota Corolla Altis Yang Siap Rilis

Tidak sekedar menghadirkan kendaraan dengan teknologi elektrifikasi, Toyota juga mengembangkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di setiap negara termasuk Indonesia. Dimana tren global yang sedang berkembang adalah menuju kendaraan rendah emisi.

"Kami juga memiliki perhatian yang tinggi untuk dapat memberikan sumbangsih dalam pengembangan industri kendaraan elektrifikasi, sehingga mampu memenuhi permintaan pasar domestik serta berpotensi untuk merambah pasar ekspor," ungkap Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Pada tahun 2009, Toyota telah memperkenalkan Prius sebagai model HEV perdana yang mengaspal di Indonesia. Kini ada berbagai pilihan kendaraan dengan teknologi hibrida, yaitu Camry, Alphard, dan C-HR sebagai kendaraan terbaru yang dikenalkan pada 2019.

Dewasa ini, sudah banyak merek otomotif yang sudah menyiapkan kendaraan listrik maupun hibrida untuk diperjual belikan. Alasannya, kendaraan listrik dianggap memberikan banyak keuntungan seperti mengurangi emisi CO2, dimana efeknya akan mengurangi ketergantungan pada konsumsi bahan bakar.

Baca Juga: Toyota Calya Terbaru Sudah Bisa Dipesan

Sayangnya, keuntungan tersebut tidak menyurutkan kekhawatiran publik karena harga kendaraan yang relatif tidak murah. Tidak hanya itu, kesiapan infrastruktur di berbagai daerah dan fast-charging masih dipertanyakan.

Menanggulangi kekhawatiran tersebut, President Director Toyota-Astra Motor Yoshihiro Nakata mengatakan, "Selain menyiapkan produk dan teknologi, maka dibutuhkan juga kesiapan pasar demi tercapainya roadmap pemerintah di tahun 2025 dengan optimal."

Baca Juga: Sejarah Toyota Kijang Innova Di Indonesia

Cara yang ditempuh Toyota dengan memberikan banyak informasi kepada masyarakat, agar tingkat pengetahuan terhadap kendaraan listrik lebih baik, serta menyiapkan infrastruktur pendukung dan jaringan layanan.