POPULAR STORIES

Samsat Digital Pertama Di Indonesia Hadir, Perpanjangan STNK Hanya 15 Menit

Samsat Digital Pertama di Indonesia Hadir, Perpanjangan STNK Hanya 15 Menit Perpanjang STNK

KabarOto.com - Berada di Terminal Leuwipanjang, Bandung, Jawa Barat, Samsat Digital pertama di Indonesia siap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Mengunjungi lokasi, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan didampingi Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus memastikan kesiapan pelayanan yang akan diberikan.

“Hari ini saya bersama pimpinan Samsat Tingkat Pusat berkunjung ke Samsat Digital, ini yang pertama di Indonesia berada di Leuwipanjang,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan.

Baca Juga : Perpanjang STNK Lewat Samsat Keliling Prosedurnya Mudah

Irjen Pol Aan Suhanan juga menegaskan bila pelayanan akan berubah dari konvensional menjadi digitalisasi. Hal ini akan memudahkan aktivitas masyarakat karena waktu yang diperlukan untuk melakukan pengurusan hanya 15 menit.

“Dengan digitalisasi Samsat ini, pelayanan masyarakat dimudahkan, tidak perlu turun lagi mengantri, cukup di mobil cek fisik kendaraannya kemudian dipastikan legalitasnya, masyarakat bisa melakukan perpanjangan STNK, membayar pajak kendaraan bermotor dan pembayaran sumbangan wajib berlalu lintas,” tambahnya.

Mengikuti perkembangan digitalisasi, Samsat Digital Terminal Leuwipanjang juga mengalihkan sistem pembayaran menggunakan cashless atau non tunai.

“Semua transaksi baik tadi di 5 tahunan kemudian di tahunan ini semua cashless jadi tidak ada transaksi dengan menggunakan uang tunai,” tegasnya.

Baca Juga : Hindari Kerumunan, Petugas Polda Jatim Kunjungi Wilayah Warga Gantikan Samsat Keliling

Hadirnya Samsat Digital Terminal Leuwipanjang diharapkan mampu diaplikasikan ke seluruh wilayah Indonesia, sehingga masyarakat dapat lebih mudah ketikan harus melakukan pengurusan surat kendaraan bermotor.

“Mudah-mudahan ini dari yang pertama ini sebagai perintis samsat digital ini akan coba memprogramkan dari teman-teman Pembina Samsat tingkat pusat akan coba memprogramkan untuk seluruh wilayah Indonesia,” tutup Kakorlantas Polri.